Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah pemudik yang berasal dari berbagai daerah di Pulau Sumatera mulai melakukan perjalanan mudik lebih awal melintasi Provinsi Lampung menuju Pulau Jawa guna mengantisipasi kepadatan.

"Memilih mudik lebih awal dari pada yang lain karena takut penuh saat waktunya mepet Lebaran," ujar salah seorang pemudik asal Jambi, Etik, di Lampung Selatan, Selasa.

Ia mengatakan, dengan memulai perjalanan mudik dua pekan lebih awal, selain mencegah adanya kepadatan akibat arus mudik Lebaran, juga bisa memperpanjang waktu liburan.

"Saat ini perjalanan dengan keluarga menuju Solo, karena memang keluarga besar di sana, jadi selain mencegah macet kalau bersamaan mudik, kita juga bisa lebih panjang waktu untuk berliburnya," katanya.

Baca juga: PMI siagakan ratusan ambulans pada musim mudik dan balik Lebaran 2022
Baca juga: AP II siap sambut 3,42 Juta pemudik di 20 Bandara


Menurutnya, dengan adanya pelonggaran persyaratan perjalanan dapat membantu masyarakat untuk melepas kepenatan setelah dua tahun mudik ditiadakan.

"Sekarang cukup vaksin lengkap saja sudah bisa langsung mudik, tapi memang untuk ibu hamil dan anak-anak perlu memproteksi diri lebih karena ada yang belum bisa menerima vaksinasi," ucapnya.

Dipilihnya perjalanan mudik lebih awal menuju kampung halaman juga dikatakan oleh pemudik lainnya Suadi.

"Iya memilih lebih awal supaya di kapal tidak penuh sesak, jadi keluarga lebih nyaman saat perjalanan," kata pemudik asal Bangka Belitung, Suadi.

Dia menjelaskan, dirinya beserta keluarga berani melaksanakan perjalanan mudik lebih awal karena telah menjalani vaksinasi secara lengkap.

"Kebetulan karena takut kalau di vaksin saat perjalanan kondisi badan bisa tidak terkendali, jadi sekeluarga sudah vaksin lengkap dari jauh hari sebelum berangkat menuju Yogyakarta. Jadi sudah dihitung agar tidak terburu-buru," tambahnya.

Baca juga: Satgas: Lakukan vaksinasi penguat sebelum mudik cegah kemacetan
Baca juga: Gubernur Khofifah perkirakan 16,8 juta orang mudik ke Jatim

Sebelumnya di sepanjang ruas Jalan Tol Trans Sumatera arah Pelabuhan Bakauheni tepatnya di area rehat kilometer 20 A telah terlihat banyak kendaraan yang berasal dari berbagai daerah di Pulau Sumatera yang diperiksa status vaksinasinya oleh petugas sebelum menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni.

Banyak dari pelaku perjalanan tersebut memilih untuk melakukan mudik lebih awal dikarenakan menghindari adanya penumpukan penumpang menuju Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni.

Dan sebelumnya Presiden Joko Widodo telah mengimbau para pemudik untuk berangkat lebih awal ke kampung halaman masing-masing, guna menghindari puncak arus mudik Idul Fitri 1433 H yang diperkirakan berlangsung pada 28, 29 dan 30 April 2022.

Baca juga: Jasa Marga perbaiki jalan Tol Jakarta-Cikampek jelang mudik Lebaran

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022