Jakarta (ANTARA News) - Kesebelasan Myanmar yang hanya diperkuat 10 pemain mampu menahan imbang Vietnam 0-0 pada pertandingan babak penyisihan SEA Games 2011 di Stadion Lebakbulus Jakarta, Sabtu.

Myanmar terpaksa turun dengan 10 pemain karena pemain belakang Moe Win mendapatkan kartu merah secara langsung oleh wasit Kim Jong Hyeok setelah melanggar pemain Vietnam Nguyen Phan Quyet.

Myanmar dan Vietnam yang menang pada pertandingan pertama babak penyisihan Grup A berusaha menampilkan permainan terbaiknya pada awal babak pertama. Serangan demi serangan terus dilakukan keduanya secara bergantian.

Vietnam yang sebelumnya menang 3-1 atas Filipina, baru 10 menit pertandingan berjalan langsung terlihat mendominasi jalanannya pertandingan. Tekanan demi tekanan terus dilakukan hanya saja masih tertahan barisan pertahanan Myanmar.

Upaya anak asuh Falko Gerd Gotz untuk mendapatkan gol tercipta pada menit 37. Lam Anh Quang mampu menjebol gawang Myanmar yang dikawal Thihasthu. Hanya saja gol dianulir wasit karena pemain itu dianggap offside.

Myanmar juga tidak tinggal diam. Anak asuh Stefan Hansson juga terus memberikan tekanan ke pertahanan Vietnam. Hanya saja hingga babak pertama usai kedudukan masih tetap 0-0.

Memasuki babak kedua tempo permainan meningkat. Permainan keraspun diperagakan oleh kedua tim sehingga banyak pemain yang harus jatuh bangun untuk menghalau bola.

Permainan keras itu berujung pemberian kartu merah kepada pemain Myanmar Moe Win pada menit 57 oleh wasit Kim Jong Hyeok setelah sebelumnya melanggar keras pemain Vietnam, Nguyen Phan Quyet.

Unggul dalam jumlah pemain, Vietnam terus menggempur pertahanan Myanmar. Serangan kearah gawang terus terjadi. Namun berkat ketangguhan Thihasthu, gawang Vietnam aman.

Menjelang akhir babak kedua Vietnam terus menekan pertahanan Myanmar. Bahkan pemain Vietnam mampu mengurung lawannya. Hanya saja upaya yang dilakukan gagal karena peluit panjang tanda pertandingan usai ditiup oleh wasit.

Dengan hasil ini kedua tim sama-sama mengumpulkan empat poin. Dan Vietnam sebagai pemuncak klasemen karena memiliki selisih gol lebih bagus yaitu 3-1 sedangkan Myanmar 3-2.

Susunan pemain Myanmar : Thihasthu (gk); Moe Win, Zaw Min Tun, Yang Aung Win, Aye San (c), Yang Aung Kyaw, Kyaw Ko Ko, Pyaye Phyo Oo/Aung Myint Aye, Kyi Lin, Zaw Zaw Oo, dan Shwe Hlaing Win.

Sedangkan Vietnam : Tran Buu Ngoc (gk), Ngo Hoang Thinh, Nguyen Trong Hoang, Le Phan Thang, Nguyen Phan Quyet, Chu Ngoc Anh, Truong Huynh Phu, Bui Xuan Hieu, Pham Than Luong (c), Hoang Phan Binh dan Lam Anh Quang.

(T.B016/R010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011