Padang (ANTARA) -
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X menyerahkan surat keputusan (SK) penambahan program studi pada dua perguruan tinggi serta perubahan badan penyelenggara pada salah satu yayasan di Padang, Rabu.
 
"Alhamdulillah, di hari yang suci ini di bulan Ramadhan kita diberi rahmat dalam hal ini perguruan tinggi memperoleh SK penambahan program studi (Prodi) dan perubahan nama yayasan," kata Plt. Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA di Padang, Rabu.
 
Dua perguruan tinggi yang menerima SK pembukaan Prodi yaitu Universitas Riau Kepulauan, Batam dengan Prodi Hukum Program Magister dan Politeknik Negeri Padang menerima SK Prodi Rekayasa Perawatan dan Restorasi Jembatan Program Magister Terapan.
 
Kemudian SK perubahan badan penyelenggara diterima oleh Yayasan Ranah Minang Padang yang sebelumnya bernama Yayasan Ranah Minang.
 
Menurut Prof Herri, ini menjadi hal yang sangat membanggakan terutama dalam pembukaan program studi pada Program Magister yang mana ini dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah Batam.

Baca juga: LLDIKTI-X minta PTS laporkan data IKU triwulan I

Baca juga: LLDikti minta lulusan kembangkan kompetensi nonteknis

 
"Daerah Batam itu dekat dengan Malaysia dan Singapura, tentu SDM di sana perlu benar-benar mantap, jika tidak, maka SDM dari negara tetangga yang akan dibawa ke sini," ucapnya.
 
Untuk itu, lanjutnya perguruan tinggi memiliki peran yang sangat besar untuk pembentukan SDM di daerah tersebut.
 
Prof Herri meminta agar Unrika dapat mengembangkan kurikulum prodi yang baru dibuka tersebut sebaik mungkin sehingga dapat membantu rekan-rekan di Batam berkaitan dengan hukum, terutama yang berkembang sekarang adalah hukum cyber.
 
Sementara itu, Rektor Universitas Riau Kepulauan (Unrika), Edwin Agung Wibowo, M.Comm menyampaikan terima kasih atas bimbingan dari pimpinan dan staf LLDIKTI Wilayah X sehingga SK tersebut dapat diterimanya.
 
Ia mengatakan prodi tersebut menjadi yang ke 16 di Unrika serta merupakan Prodi Magister yang kedua setelah Magister Manajemen.
 
Untuk selanjutnya, pihaknya tengah berupaya membuka Prodi Bisnis Digital. Ia meminta agar pihak LLDIKTI Wilayah X dapat terus memberikan arahan dan bimbingannya kepada Unrika. 

Baca juga: LLDIKTI XI ajak masyarakat Kalteng manfaatkan KIP Kuliah 2022

Baca juga: LLDIKTI-X serahkan SK pembukaan prodi baru di Politeknik Negeri Batam

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022