... tidaklah mudah, apalagi kami belum tahu persis kekuatan Kamboja...
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Tim Nasional Indonesia, Rahmad Darmawan, mengakui laga perdana babak penyisihan grup A SEA Games 2011 melawan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Senin besok (7/11), tidak mudah.

"Memang benar. Pertandingan nanti tidaklah mudah, apalagi kami belum tahu persis kekuatan Kamboja," kata Rahmad Darmawan usai latihan di Lapangan PSSI Senayan Jakarta, Minggu.

Menurut dia, meski belum tahu persis kekuatan lawan, jajaran pelatih terus mencari data dan informasi kekuatan lawan yang salah satu gunanya untuk menyusun strategi serta untuk dasar pemilihan pemain yang akan diturunkan.

Kamboja, kata dia, dipastikan akan memberikan kejutan. Dengan demikian semua anggota Grup A termasuk Malaysia, Thailand dan Singapura memiliki kekuatan yang merata.

"Bisa saja Kamboja seperti Myanmar yang membuat lawan-lawannya kewalahan. Untuk itu kami akan mempersiapkan tim dengan baik," katanya menambahkan.

Rahmad menjelaskan, dengan kondisi ini pihaknya akan menginstruksikan kepada pemain yang diturunkan untuk bermain sabar dan melihat situasi di lapangan sebelum memutuskan untuk melakukan serangan.

"Kami memberikan kebebasan pada semua pemain untuk berkreasi agar bisa bermain lepas," kata mantan pelatih Persipura Jayapura itu.

Ditanya komposisi pemain yang akan diturunkan, mantan pelatih Sriwijaya FC itu tidak memberikan penjelasan dengan detail. Hal itu dilakukan demi situasi kondusif pada tim sebelum turun pada pertandingan resmi.

"Kami telah menentukan 20 dari 27 pemain yang ada. Tapi, tidak kami umumkan sekarang. Tunggu saja besok di lapangan," kata perwira TNI AL itu.

Timnas Indonesia U-23 telah digembleng sejak Agustus lalu. Beberapa pertandingan ujicoba baik lokal maupun internasional telah dilakukan. Hasilnyapun cukup positif. Apalagi pada SEA Games 2011 di Tanah Air ditargetkan mampu merebut medali emas.

Sementara itu asisten pelatih Kamboja Neas Chamma mengaku tidak gentar meski pada pertandingan pertama harus menghadapi tim besar dan merupakan tuan rumah pelaksanaan SEA Games XXVI.

"Ini memang partai berat. Tapi kami tidak akan berkecil hati. Kami akan memberikan perlawanan hingga permainan berakhir," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, Indonesia selaku tuan rumah selain telah siap secara tim, juga akan mendapatkan dukungan penuh dari suporter yang terkenal fanatik itu. Meski demikian, pihaknya akan mengintruksikan pada pemainnya untuk memberikan yang terbaik. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011