Ini kan suatu proyek besar, mega structure tentunya kita perlu memperhatikan, mempertimbangkan, dan mengawal kemungkinan yang bisa saja muncul di belakang hari, antara lain beberapa keluhan yang disampaikan oleh pemerintah maupun masyarakat
Kediri (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengingatkan kepada kontraktor proyek pembangunan Bandara Dhoho Kediri, di Jawa Timur agar selain memperhatikan aspek kualitas juga memperhatikan aspek sosial, sehingga tidak ada persoalan yang besar di kemudian hari.

"Ini kan suatu proyek besar, mega structure tentunya kita perlu memperhatikan, mempertimbangkan, dan mengawal kemungkinan yang bisa saja muncul di belakang hari, antara lain beberapa keluhan yang disampaikan oleh pemerintah maupun masyarakat," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono saat meninjau proyek pembangunan Bandara Dhoho Kediri pada Rabu (20/4/2022) malam.

Kegiatan tersebut dilakukan di sela peninjauan kesiapan jalur mudik lintas pantai selatan (Pansela) Jawa.

Djoko menyampaikan kepada kontraktor pekerjaan agar selain memperhatikan aspek kualitas juga memperhatikan aspek sosial, sehingga tidak ada persoalan yang besar di kemudian hari.

Ia berharap agar nantinya bandara yang berlokasi di Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri ini dapat menjadi kebanggaan masyarakat Kediri dan Indonesia pada umumnya.

Bandara Dhoho Kediri adalah salah satu bandara yang dibangun dengan skema KPBU yang melibatkan PT Surya Dhoho Investama, anak perusahaan PT Gudang Garam Tbk.

Bandara yang berdiri di atas lahan seluas 371 hektare ini nantinya akan dilengkapi landas pacu atau runway sepanjang 3.300 meter dengan lebar landasan 45 meter.

Dengan luas terminal yang mencapai 18.000 meter persegi, nantinya bandara ini akan mampu menampung 1,5 juta penumpang setiap tahun.

"Pendekatan sosiologis dan lainnya juga sudah dilakukan, dan tentu melibatkan masyarakat setempat, sehingga nanti akan bermanfaat dan berdampak luas," pungkasnya.


Baca juga: Pembangunan bandara di Kediri masuk finalisasi penyiapan dokumen
Baca juga: Luhut harap Bandara Kediri rampung pada pertengahan 2023
Baca juga: Kementerian PUPR bakal segera bangun jalan tol Kediri-Kertosono

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022