Kuta (ANTARA News) - Pesawat kepresidenan Amerika Serikat (US Air Force) yang mengangkut logistik pengamanan Presiden Barack Obama tiba di Bali, Senin.

Pesawat dengan nomor lambung 3122 itu mendarat di Lanud Ngurah Rai Bali sekitar pukul 14.30 Wita, dan terparkir di Base Ops Ngurah Rai.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Ngurah Rai, Letnan Kolonel (Pnb) Jumarto yang dikonfirmasi mengatakan, pesawat berukuran besar itu mengangkut berbagai macam logistik yang dibutuhkan untuk pengamanan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

"Pesawat itu mengangkut logistik seperti peralatan-peralatan pengamanan yang sesuai dengan standar pengamanan mereka terhadap kepala negaranya," ujarnya.

Selain itu, pesawat tersebut juga mengangkut sejumlah personel pengamanan dan personel protokoler Presiden di berbagai bidang.

"Memang mereka meminta secara khusus tempat di Bali untuk menyimpan logistik-logistiknya selama kegiatan KTT ASEAN berlangsung, dan kami sudah menyiapkannya," ujar Letkol Jumarto.

Rencananya pesawat besar tersebut akan kembali setelah selesai meletakan logistiknya di Bali, sedangkan pesawat milik Amerika yang hanya mengangkut personel, juga akan tiba sore ini.

"Informasinya setiap hari akan ada dua pesawat yang datang untuk mengakut logistik lainnya, sampai mendekati hari H," katanya.

Meski segala pengamanan maupun logistik telah disiapkan di Bali, namun Presiden Barack Obama masih dipastikan akan datang pada 16 November dan menghadiri KTT ASEAN sebagai tamu undangan partisipan dalam KTT ke-19 ASEAN pada 17-19 November 2011.

Seperti Juni 2010 lalu, meski telah dipersiapan berbagai pengamanan dan logistiknya, Presiden Negara Adidaya itu pernah membatalkan kedatangannya ke Bali untuk berlibur bersama istri dan anaknya, dan pada akhirnya hanya menyempatkan diri ke Jakarta. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011