Kami berkomitmen mengambil peran aktif dalam peningkatan ekonomi lokal, salah satunya melalui program pengembangan UMK
Jakarta (ANTARA) - Induk (Holding) BUMN Industri Pertambangan, MIND ID menyebutkan ada 501 pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) binaannya telah naik kelas selama periode 2020 sampai 2021.
 
Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan mengatakan pihaknya melaksanakan strategi UMK naik kelas melalui pendekatan kluster, di antaranya perdagangan, jasa, industri, pertanian, peternakan, dan perkebunan.
 
"Kami berkomitmen mengambil peran aktif dalam peningkatan ekonomi lokal, salah satunya melalui program pengembangan UMK. Program ini dilaksanakan melalui proses seleksi, pendampingan penyusunan rencana usaha, peningkatan kapasitas UMK, dan bantuan modal usaha melalui skema program pendanaan UMK," kata Dany dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Kamis.
 
Program pengembangan UMK merupakan bagian dari bidang prioritas program tanggung jawab sosial dan lingkungan BUMN sebagai upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi pascapandemi.
 
Pada periode 2020 sampai 2021 terdapat lebih dari 6.500 mitra binaan dan 501 di antaranya telah berhasil menjadi UMK naik kelas.
 
Jumlah UMK naik kelas terdiri dari kluster perdagangan sebanyak 172 mitra binaan, kluster jasa 91 mitra binaan, kluster industri 93 mitra binaan, kluster pertanian 21 mitra binaan, kluster peternakan dan perikanan 42 mitra binaan, dan kluster perkebunan 82 mitra binaan.
 
Dari jumlah tersebut, sebanyak 22 mitra binaan berasal dari PT Aneka Tambang, 360 mitra binaan dari PT Bukit Asam, 15 mitra binaan dari Inalum Operating, dan 104 mitra binaan dari PT Timah.
 
Melalui strategi pengembangan UMK berbasis klaster, grup MIND ID dapat memberikan dukungan kepada UMK secara spesifik dan sesuai kebutuhan baik melalui pelatihan kewirausahaan dan teknis, pengembangan kualitas produk, kemasan, dan sertifikasi, bantuan pendanaan modal kerja serta pengembangan pemasaran dan penjualan baik melalui sentra bisnis lokal dan maupun marketplace secara digital.
 
Strategi pengembangan UMK grup MIND ID diharapkan dapat menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi oleh UMK selama ini di antaranya adalah bidang manajemen, modal usaha, strategi dan akses pemasaran, standar dan kualitas mutu, dan teknis produksi.

Baca juga: MIND ID targetkan penurunan emisi satu persen pada 2022
Baca juga: Perusahaan disarankan tidak bergantung pada satu sumber penilaian ESG
Baca juga: Laba bersih MIND ID meningkat 687 persen pada 2021

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022