Jakarta (ANTARA/JACX) - Pada 7 April 2022, sebuah unggahan foto yang menampilkan seorang dokter menggendong bayi beredar viral di media sosial.

Unggahan yang muncul di Facebook itu disertai narasi bayi yang berusia tiga hari itu sudah dapat menyebut nama Allah.

Pada unggahan itu, disertakan pula tautan blog yang sekilas menyaru konten berita daring.

"MasyaAllah, baru tiga hari lahir, bayi ini sudah bisa menyebut nama Allah," demikian judul konten tautan yang disertakan dalam unggahan itu.

Unggahan foto itu pun disukai 41 pengguna lain dan diunggah ulang oleh 26 pengguna lain Facebook.

Lantas, benarkah terdapat bayi berusia tiga hari dapat menyebutkan nama Allah sebagaimana terdapat pada unggahan foto di Facebook itu?
 
Unggahan hoaks yang menyebut bayi usia 3 hari menyebut nama Allah. Faktanya, bayi yang lahir di Arab Saudi itu bukan mengucapkan kata, melainkan melakukan gerakan tangan seakan-akan berdoa. (Facebook)

Penjelasan:
Berdasarkan hasil penelusuran ANTARA, narasi yang dituliskan dalam unggahan dan artikel tersebut tidak sesuai dengan peristiwa sebenarnya di balik foto dokter menggendong bayi itu.

Melansir Emirates247.com, foto yang menampilkan seorang dokter dan bayi yang baru lahir itu diambil di salah satu rumah sakit di Arab Saudi.

Dalam foto itu tampak bayi yang digendong membuat gerakan tangan seolah-olah sedang berdoa tapi bukan menyebut nama Allah. Foto ini pun sempat dipublikasikan koran lokal di Arab Saudi.

Melansir Hellosehat.com, bayi akan mulai mengeluarkan ocehan-ocehan seperti ingin menyampaikan sesuatu pada usia 2-3 bulan pertama.

Perkembangan bahasa bayi akan terus berlanjut hingga bayi bisa mengeluarkan kata pertamanya pada sekira usia 9-12 bulan.

Dengan demikian, unggahan foto bayi berusia tiga hari yang dapat menyebutkan nama Allah adalah hoaks/salah.

Klaim: Bayi usia 3 hari sebut nama Allah
Rating: Hoaks/salah

Cek fakta: Hoaks! Foto jejak kaki janin dari kandungan

Baca juga: Bentuk Telinga Bayi Mirip Lafadz Allah

Baca juga: Bayi "ajaib" Gaza akhirnya meninggal dunia

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022