Palembang (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengatakan, pihaknya sudah siap menyelenggarakan SEA Games ke-26 pada 11-22 November 2011 karena fasilitas pertandingan sudah dapat digunakan.

Semua arena pertandingan sudah dapat digunakan sehingga daerah ini siap menyelenggarakan pesta olahraga internasional tersebut, kata gubernur kepada wartawan usai meninjau fasilitas olahraga di komplek Jakabaring, Palembang, Rabu.

Fasilitas olahraga yang ditinjau tersebut antara lain wisma atlet, lapangan menembak dan aquatik karena selama ini selalu dipertanyakan masyarakat.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk wisma atlet sudah diisi para kontingen peserta pesta olahraga internasional mendatang sehingga benar-benar memenuhi syarat.

Bahkan, peserta yang menginap di wisma atlet tersebut sudah bisa makan bersama di ruangan yang cukup luas tersebut.

Menurut dia, begitu juga lapangan menembak tidak menjadi masalah karena arena pertandingan pesta olahraga akbar tersebut ada beberapa tim luar negeri sudah melaksanakan uji coba.

Arena pertandingan menembak merupakan yang terbaik di Indonesia bahkan Asia karena peralatannya dari luar negeri, kata dia lagi.

Ia juga menambahkan, begitu juga aquatik, arena pertandingan tersebut termegah karena menggunakan stiles dari luar negeri.

Memang, kata gubernur, pembangunan fasilitas pesta olahraga dua tahunan tersebut banyak kendala namun kesemuanya bisa diatasi.

Hambatan dalam pembangunan fasilitas SEA Games yang dikerjakan kurang satu tahun itu antara lain saat pembangunan hujan tiba, kata dia.

Seharusnya dalam pemancangan ribuan tiang pancang tidak perlu hujan karena di daerah tersebut terdiri rawa-rawa, namun saat itu musim hujan, kata dia lagi.

Ia mengatakan, selain itu hambatan yang dihadapi pihaknya kekurangan tiang pancang sehingga mendatangkan dari Pulau Jawa.

Namun, dalam perjalanan menuju Palembang tiang pancang tersebut sering terlambat karena antre berjam-jam di Pelabuhan Merak, katanya.

Begitu juga usai pembangunan, terjadi musim panas sehingga tanaman menjadi rusak, kata gubernur dengan semangat.

Bahkan, sekarang ini hujan mulai tiba lagi yang dikhawatirkan dapat mengganggu jadwal pertandingan.

Namun, kesemuanya itu dapat diatasi secara baik dan kesemuanya itu tidak lain berkat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

"Yang jelas sekarang ini pihaknya sudah siap menyelenggarakan pesta olahraga internasional tersebut yang diharapkan pesta olahraga diikuti sebelas negara termasuk tuan rumah Indonesia itu berlangsung sukses," tambah gubernur.
(T.U005/R010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011