Kami sudah siap menggelar pertandingan cabang ini dengan menargetkan sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi yang menjadi dambaan seluruh masyarakat Indonesia,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua panita penyelenggara cabang karate SEA Games XXVI/2011 Mayjen Lumban Sianipar menyatakan siap menggelar pertandingan cabang karate di Stadion Tennis Indoor Senayan Jakarta pada 12-14 November.

"Kami sudah siap menggelar pertandingan cabang ini dengan menargetkan sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi yang menjadi dambaan seluruh masyarakat Indonesia," ujar Lumban Sianipar di Jakarta, Kamis.

Berbagai peralatan dan perlengkapan pertandingan sudah hampir siap 100 persen seperti pemasangan matras dan alat-alat elektronik pencatat skor yang diperlukan, termasuk pemasangan atribut event.

Tetapi Lumban sendiri mengakui bahwa persiapan tak akan pernah berhenti untuk mencapai kesempurnaan meskipun Stadion Tennis Indoor memang sudah berdiri sejak lama sehingga tak memerlukan renovasi.

"Prinsipnya yang namanya persiapan tak akan pernah berhenti. Sebab, untuk menggelar sebuah event seperti ini banyak kegiatan pendukung yang harus kita gelar seperti menyelenggarakan penataran atau seminar wasit karena ada saja penyempurnaan regulasi dari federasi karate internasional yang harus disosialisasikan," ujarnya.

Dia mengatakan ada sekitar 20 wasit yang mengikuti penataran guna mendapatkan pembekalan agar tidak ada permasalahan yang muncul saat event nanti berlangsung.

Cabang karate SEA Games XXVI akan menggelar 17 kelas atau nomor pertandingan.

Cabang ini siap diikuti oleh 124 atlet dari 10 negara peserta yang telah berada di Jakarta dan menginap di Hotel Sahid Jaya.

Ke-10 negara peserta adalah Indonesia, Thailand, Vietnam, Myanmar, Singapura, Malaysia, Filipina, Laos, Brunei Darussalam dan Timor Leste, sedangkan Kamboja belum diperoleh kabar.

"Hanya Kamboja yang belum menyampaikan kabarnya. Tetapi sejak batas `entry by name` pun mereka tampaknya tidak mendaftarkan pemain," kata Lumban yang didampingi Manajer Tim Karate Indonesia, Djafar Jantang.

Lumban menambahkan pertemuan delegasi teknik akan dilakukan pada Jumat pukul 14.00 di Hotel Sahid Jaya sebagai hotel akomodasi seluruh negara peserta.
(ANT-132)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011