Jakarta (ANTARA) - Deretan atlet berlabel timnas seperti Lalu Muhammad Zohri dan Emilia Nova menyambut baik penyelenggaraan kejuaraan atletik bertajuk Athletics Open Danjen Kopassus Cup 2022 yang bakal bergulir di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, 2-5 Juni.

Selain dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kopassus yang ke-70, menurut mereka ajang ini menjadi wadah bagi atlet untuk kembali berkompetisi setelah minimnya kejuaraan selama dua tahun terakhir karena pandemi COVID-19.

"Saya berterima kasih kepada Kopassus telah menyelenggarakan kejuaraan atletik. Semoga ada bibit-bibit muda berprestasi yang lahir dan anak muda bisa berkarya, berprestasi di tingkat nasional dan internasional," kata Zohri dalam peluncuran Athletics Open Danjen Kopassus Cup 2022 di Sopo Del Tower, Kuningan, Jakarta, Sabtu.

Sementara Emilia Nova juga mengungkapkan bahwa dalam dua tahun terakhir, atlet kesulitan untuk mengikuti kejuaraan.

"Menurut saya bagus. Banyak atlet yang rindu akan kejuaraan karena dua tahun ini tidak ada pertandingan. Memang ada Pekan Olahraga Nasional (PON), tapi tidak semua atlet tampil. Di sini ada kategori pelajar dan anak muda dapat meningkatkan kemampuan mereka," ujar Emilia.

Baca juga: Zohri masih dalam masa rehabilitasi usai alami cedera di Serbia
Baca juga: Emilia Nova raih medali emas di Singapura Open 2022


Dangrup 3 Kopassus, Kolonel Inf. R. Iskandarmanto, selaku penanggung jawab ajang ini menjelaskan bahwa ada tiga kategori yang diperlombakan yakni, TNI/Polri, Umum, dan Pelajar. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp155.500.000.

Dia juga berharap adanya Athletics Open Danjen Kopassus Cup 2022 dapat turut memberikan kontribusi untuk peningkatan prestasi olahraga, khususnya atletik.

"Atletik adalah induk dari semua cabang olahraga. Kami ingin membangkitkan lagi olahraga setelah lebih dari dua tahun tidak ada kejuaraan karena pandemi COVID-19. Dengan event ini harapan besar dapat membantu KONI, khususnya PASI dalam mencari bibit atlet potensial," kata Iskandarmanto.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Pengurus Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Tigor Tanjung mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dalam pembinaan olahraga. Terlebih lagi digelar di Stadion Madya GBK yang merupakan lokasi yang menjadi tempat atlet pelatnas berlatih.

"Kami ingin mengapresiasi karena memilih di atas lintasan. Biasanya kejuaraan berlangsung di jalan raya. Tetapi Kopassus memilih Stadion Madya. Dengan begitu saya yakin banyak bibit muda potensial yang lahir karena kegiatan ini diikuti pelajar," kata Tigor Tanjung.

Baca juga: Sri Mayasari dalam persiapan akhir menuju SEA Games Hanoi
Baca juga: Indonesia raih dua emas dan dua perak pada Singapura Open2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022