Samarinda (ANTARA News) - Atlet panjat tebing tim Indonesia Rahmad Afni Topa mengatakan, ingin mengukir prestasi terbaik pada SEA Games 2011 dengan merebut medali emas pada dua nomor andalannya.

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan medali emas karena ini akan menjadi puncak karier saya di ajang internasional," kata Rachmad Afni Topa ketika dihubungi dari Samarinda, Jumat.

Topa akan bertanding di dua kategori yakni lead dan boulder, beregu dan perorangan, keduanya merupakan nomor spesialisai dari pemanjat asal provinsi Kalimantan Timur tersebut.

" Saya berharap minimal satu medali emas bisa saya dapatkan di antara sekian nomor yang saya ikuti, ya mudah-mudahan bisa terlahir dari nomor perorangan," kata Topa.

Olahraga panjat tebing memang baru pertama kali dipertandingkan di SEA Games 2011, namun demikian potensi atlet Indonesia untuk merebut medali pada cabang ini cukup besar karena di antara pemanjat tim Indonesia merupakan juara di level Asia.

Rachmad Afni Topa pernah merasakan juara Asia, yakni pada turnamen X Game 2007 di Malaysia, sehingga atlet asal Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, itu juga menjadi atlet andalan untuk merebut medali.

"Mudah-mudahan tidak ada aral atau masalah di setiap pertandingan yang saya lakoni, dan saya juga mengaharapkan doa restu masyarakat Kaltim untuk kesuksesan saya," tegas Topa.

Menjalani latihan selama beberapa bulan di Surabaya, Jawa Timur, selama berlangsungnya pelatnas, membuat kemampuan Topa semakin terasah, dan rasa percaya dirinya semakin meningkat menjelang pertandingan SEA Games.

"Saat ini yang paling penting buat saya adalah konsentrasi menuju pertandingan, ya mudah-mudahan persiapan panjang saya bisa mendapatkan hasil yang sesuai," kata Topa.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011