Jakarta (ANTARA News) - Tim bulu tangkis putra Indonesia tidak banyak menemui kesulitan saat mengatasi tim lemah Laos dengan skor 3-0 pada pertandingan cabang bulu tangkis nomor beregu SEA Games 2011 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu.

Simon Santoso sebagai tunggal pertama pengganti Taufik Hidayat yang belum bergabung dengan tim karena sedang menghadiri acara di China, membuka skor dengan mengalahkan Ouankhamchanh Pong 21-12, 21-12.

Selanjutnya juara Olimpiade Beijing, Markis Kido/Hendra Setiawan, hanya perlu waktu 20 menit untuk menyudahi perlawanan Vongpatchith Xayso/Sivilay Tomy dengan skor telak 21-5, 21-7 di partai kedua.

Mantan pebulu tangkis Pelatnas Tommy Sugiarto yang tampil untuk pertama kalinya di pentas SEA Games, melengkapi dominasi tuan rumah saat menang mudah 21-7, 21-8 atas Xaychaleun Xayasit.

"Lawan memang belum berat dan saya bersyukur bisa memberikan poin kemenangan buat tim," kata Tommy Sugiarto kepada wartawan usai pertandingan.

Putra mantan juara dunia Icuk Sugiarto itu, menyatakan kesiapannya jika kembali dipercaya tampil pada laga berikutnya.

Dengan kemenangan ini, Simon Santoso dan kawan-kawan selanjutnya akan bertemu Thailand pada babak semifinal, Minggu (13/11). Thailand melaju dengan menundukkan Kamboja 3-0.

Tiga angka "Negeri Gajah Putih" disumbangkan dari nomor tunggal, masing-masing oleh Tanongsak Saensomb yang menang 21-14, 21-10 atas Teav Yongvannak, Pakkawat Vilailak membekuk Vann Chanpisey 21-6, 21-9, dan Pisit Poodchalat melibas Prum Saravuth 21-17, 21-9.

Hingga berita ini diturunkan, masih berlangsung partai perempat final yang mempertemukan unggulan kedua tim Malaysia menghadapi Vietnam dan Singapura bertemu Filipina.
(D010)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011