Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Timnas Myanmar, Thant Zaw, mengatakan timnya baik putra dan putri tidak menargetkan medali untuk pertandingan pertama mereka di SEA Games XXVI, setelah sempat absen di lima perhelatan SEA Games sebelumnya.

"Pada SEA Games kali ini tim kami hanya menargetkan untuk bermain terbaik dan mencari pengalaman," kata Thant Zaw, saat ditemui ANTARA di Gelanggang Remaja Jakarta Utara (GRJU), Jakarta, Sabtu.

Menurut Thant, mereka sudah melakukan persiapan selama satu tahun dua bulan. Selain itu, mereka juga sudah bertanding di China sebanyak dua kali pada tahun ini.

"Kami juga menyewa pelatih dari China, Qin Jian Xin, untuk persiapan SEA Games," kata mantan atlet yang pernah berlaga di SEA Games tahun 1989 itu.

Sementara itu, para pemain Timnas Myanmar, yang sebagian besar berbadan jangkung itu, semuanya berasal dari dalam negeri.

Tim Basket Myanmar, terakhir kali ikut berpartisipasi di SEA Games ke-18 tahun 1995, di Thailand. Kemudian Myanmar memutuskan untuk kembali menurunkan cabang olahraga basket pada SEA Games kali ini karena negara mereka memiliki wacana untuk menjadi tuan rumah SEA Games ke-27 pada tahun 2013.

"Karena negara kami ada wacana untuk menjadi tuan rumah pada SEA Games di tahun 2013 nanti, maka kami kembali mengikutsertakan basket setelah sekian lama absen," kata Manajer Timnas Basket Myanmar, Daw Ohn Mar Aung.

Meskipun begitu, Myanmar yang masuk di Grup B bersama Indonesia, Malaysia, dan Singapura, patut diwaspadai karena pola permainannya belum bisa terbaca.

Hal itu diungkapkan Manajer Timnas Indonesia, Hasan Gozali, saat dihubungi ANTARA, Jumat (11/11).

"Meskipun ini menjadi penampilan pertama Myanmar di ajang cabang bola basket setelah sempat absen di lima perhelatan SEA Games sebelumnya, tetapi kehadirannya patut diwaspadai karena kita masih buta soal kemampuan mereka," kata Hasan.

Pertandingan basket akan dimulai pada Senin, 14 November 2011, di arena basket Britama, Sport Mall Kelapa Gading.
(SDP-06)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011