Jakarta (ANTARA) - Penyedia layanan over-the-top (OTT) Genflix melakukan pembaruan terhadap aplikasinya, termasuk dengan menghadirkan fitur User Generated Content (UGC) yang memungkinkan pengguna dapat bertindak sebagai kreator konten di platform tersebut.

"Kita ingin mendukung lebih banyak lagi, lebih luas lagi kreator konten yang ada di Indonesia. Dengan fitur baru ini, bisa langsung menjadi kreator," kata Head of Content Genflix Liany Novianti, saat konferensi pers pada Senin (25/4).

Baca juga: Aplikasi penyedia film daring Indonesia perluas pasar penonton

Melalui fitur baru tersebut, Liany menambahkan, para kreator dapat mengunggah konten apapun mulai dari gaming, review makanan, review film, musik, hingga religi. Bahkan, kreator juga bisa melakukan live stream untuk berkomunikasi langsung dengan para penggemar mereka.

"Kita ingin lebih ke two ways interactive communication. Jadi, temen-temen bisa langsung mengobrol dengan fansnya," katanya.

Untuk mempromosikan fitur UGC, Liany mengatakan pihaknya pertama-tama mengajak komunitas film untuk mengunggah konten menggunakan fitur tersebut.

Kemudian, lanjut dia, pihaknya juga kini tengah mengembangkan fitur untuk mencegah cyber bully yang kemungkinan dialami oleh para kreator konten mereka.

"Mengenai cyber bully ini kita pikirkan juga karena ketika kita membuka platform kreator konten, tentu akan banyak sekali yang masuk kita. Kita masih mengembangkan fitur-fitur baru untuk menghilangkan komentar negatif," ujar Liany.

"Tapi karena sekarang masih baru, kita gunakan momen ini untuk memperkenalkan dulu," lanjutnya.

Selain mengembangkan ekosistem untuk para kreator konten, Genflix juga melakukan pembaruan lain meliputi User Interface (UI) dan User Experience (UX) yang lebih modern, intuitif, dan user friendly.

Saat ini, terdapat menu baru untuk melihat tayangan LIVE dan CLIP, serta sub menu baru untuk melihat pilihan Movies, Series, Animation dan Live TV.

Genflix juga memperbarui in-apss purchase dengan menyediakan opsi metode pembayaran yang lebih variatif dengan menyediakan kolom untuk kode diskon, dan berbagai variasi pembayaran mulai dari kartu kredit, bank transfer, dan e-wallet seperti Visa, Mastercard OVO, ShopeePay, LinkAja, Dana, serta Indomaret dan Alfamart.

Di bulan April ini, Genflix merilis empat judul konten terbaru yakni Cinta Albirru (dibintangi oleh Michelle Joan), Undo (dibintangi oleh Mahardika Yusuf), Tulang Rusuk Menuju Surga (dibintangi oleh Rendy Kjaernett), dan Pulang (dibintangi oleh Dimas Aditya dan Rut Marini).


Baca juga: Genflix produksi dua miniseri baru, "Mahram Untuk Najwa" dan "Lilin"

Baca juga: Genflix hadirkan fitur baru, rilis serial dan film original

Baca juga: Genflix siap bersaing di pasar global

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022