Abu Dhabi (ANTARA News) - Lewis Hamilton tampil nyaris tanpa cela, dan berhasil memenangi balap Formula 1 Grand Prix Abu Dhabi, Minggu.

Mengendarai McLaren dengan kecepatan yang mengagumkan, pebalap asal Inggris ini mendominasi sejak tikungan kedua di lap pertama untuk meraih kemenangan ketiga dalam musim yang diisi dengan banyak masalah. Ini sekaligus merupakan kemenangan ke-17 sepanjang karirnya.

Ia memulai balap dari posisi kedua, namun mengambil kendali pimpinan dalam beberapa ratus meter, ketika pebalap Red Bull, Sebastian Vettel, mengalami masalah di roda kanan, dan memaksanya mengakhiri balap di Sirkuit Yas Marina.

Hamilton kemudian menyodok ke depan, dan terus memimpin. Ia melakukan dua kali pit stop dan melakukan salah satu penampilan terbaik dalam karir 89 balapannya di Formula 1.

Juara dunia dua kali, Fernando Alonso berada di posisi kedua dengan Ferrarinya. Ia berhasil menghapus memori buruk pada balap 2010, saat gelar juaranya hancur karena kesalahan strategi.

Pebalap Inggris, Jenson Button, di mobil kedua McLaren berjuang keras untuk meraih posisi ketiga. Sementara, posisi keempat menjadi milik rekan Red Bull Vettel, Mark Webber, dan tempat kelima diambil oleh Felipe Massa.

Pebalap Jerman, Nico Rosberg mendahului kompatriot sekaligus rekannya di Mercedes, Michael Schumacher, dan menyelesaikan lomba di posisi keenam, Schumacher sendiri berada di posisi ketujuh. Posisi kedelapan menjadi milik pebalap Jerman lainnya, Adrian Suttil. Sedangkan posisi kesembilan menjadi milik pembalap Force India, Paul Di Resta.

Pebalap asal Jepang, Kamui Kobayashi, yang membela Sauber berada di posisi kesepuluh dengan mengalahkan rekan setimnya, pebalap Meksiko, Sergio Perez, untuk mengisi posisi sepuluh besar.

"Ini sebuah pekerjaan yang sangat besar, sangat besar, seperti biasa," kata Hamilton melalui radio tim di akhir lomba. "Saya ingin mendedikasikan (kemenangan) yang satu ini untuk ibu saya atas ulang tahunnya, dan sangat menyenangkan ia bisa berada di sini pada akhir pekan ini."
(H-RF)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011