Palembang (ANTARA) - Indonesia menambah dua medali emas dan satu perak dari cabang olahraga panjat tebing kategori speed track putra dan putri pada SEA Games XXVI di komplek olahraga Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan.

Dalam pertandingan panjat tebing di arena komplek Jakabaring Palembang, Senin, atlet penyumbang medali emas kategori speed track putra yakni Abudzar Yulianto.

Sedangkan medali emas untuk kategori speed track putri diraih Fitriyani, atlet panjat tebing asal Yogyakarta.

Di nomor yang sama, atlet Indonesia yakni Santi Welyanti berhasil meraih medali perak.

Untuk medali perak cabang olahraga panjat tebing kategori speed track putra diraih atlet Vietnam yakni Thanh Nhien Phan dan perunggu oleh Singapura, Weng Khit Adriel Choo.

Sementara medali perunggu kategori speed track putri direbut atlet Singapura yakni Judith Sim Ming Xin pada SEA Games cabang olahraga panjat tebing itu.

Atlet peraih medali emas panjat tebing putra Abudzan Yulianto kategori speed track itu mampu meraih waktu tempuh 8,65 menit. Sementara peraih medali perak putra asal Vietnam Thanh Nhien Phan dengan waktu 11,37 menit.

Sedangkan peraih medali emas kategori speed track putri, Fitriyani mampu mencapai finis dengan kecepatan 9,36 menit, dan peraih medali perak putri Santi Welyanti dengan waktu 9,39 menit.

Dari cabang olahraga panjat tebing itu, sebelumnya Indonesia juga mempersembahkan satu medali emas melalui atlet A`an untuk kategori bouldering di even yang diikuti negara-negara kawasan Asia Tenggara (Asean).

Cabang olahraga panjat tebing SEA Games hanya diikuti peserta dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Vietnam.

Medali untuk para pemenang cabang olahraga panjat tebing kategori speed track itu diserahkan langsung Sekjen Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Adi Seno. (A042/H007)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011