SEA Games ini terakhir bagi saya membela Indonesia...
Subang, Jawa Barat (ANTARA News) - Bagi pebalap sepeda nasional Tonton Susanto SEA Games XXVI mungkin kiprah terakhirnya sebagai atlet nasional.

"SEA Games ini terakhir bagi saya membela Indonesia karena saya sudah tidak muda lagi dan perlu ada regenerasi pebalap sepeda," kata Tonton usai memenangi medali emas nomor individual time trial di Subang, Jabar, Senin.

Ia menyebutkan, usianya sekarang ini sudah 39 tahun dan ia melihat ada atlet di bawahnya yang sudah siap menerima tongkat estafet meskipun perlu menambah jam terbangnya.

Menurut Tonton, pebalap junior Dadi Suryadi sudah menunjukkan prestasi yang baik dan hanya perlu menambah jam terbangnya kemudian beberapa atlet lainnya juga demikian.

Ia menambahkan, untuk SEA Games maupun Asian Games, sudah tidak bersedia tampil lagi, kecuali untuk event-event lokal.

"Saya akan konsentrasi membangun pembalap muda di daerah (kabupaten Ciamis, Jabar), tetapi kalau ada waktu senggang saya tetap tampil di perlombaan tetapi sifatnya lokal," kata Tonton yang sudah sembilan kali membela Indonesia pada SEA Games.

Di samping itu, kata dia, dirinya akan mendampingi kedua anaknya yang masih kecil. "Makanya bonus medali emas SEA Games sekarang ini untuk mendidik kedua anak saya," kata pria kelahiran Ciamis, 24 September 1973 tersebut.

Sementara itu istri Tonton Susanto, Leina Hertika mendukung rencana suaminya untuk mundur dari dunia balap sepeda. "Saya memberikan dukungan kepada suami yang akan mundur," katanya.

Menurut dia, anaknya sudah sering ditinggal karena sedang menjalani pelatnas atau tampil pada suatu lomba. "Seperti sekarang ini, sudah lama anak-anak ditinggal dan baru sebulan ini saya dan anak menemani Mas Tonton menjalani pelatnas hingga lomba," katanya.

(H015/I007)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011