...KTT Ke-19 ASEAN ini diharapkan menghasilkan Deklarasi Bali...
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Presiden Susilo Yudhoyono dan Ibu Negara, Ani Yudhoyono, langsung meluncur ke arena pelaksanaan KTT Ke-19 ASEAN, di Bali Nusa Dua Convention Centre, Selasa petang. Presiden Yudhoyono yang baru mendarat dari Hawaii hadir di Nusa Dua dalam satu rangkaian kendaraan dan disambut Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, dan nyona Sranya Natalegawa.

Barisan kehormatan Pasukan Pengamanan Presiden TNI dan Korps Musik komando utama TNI itu langsung memainkan musik salam dalam balutan seragam resmi mereka. Penyambutan ini juga menjadi gladi resik tata cara dan protokoler penyambutan tamu negara. Turut dalam rombongan kepresidenan itu Gubernur Bali, Made Mangku Pastika.

Hingga tadi siang, simulasi dan gladi kedatangan para kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara anggota ASEAN terus dilakukan. Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono, menyatakan, semua kepala pemerintahan dan kepala negara peserta sidang puncak ini akan diberikan perlakuan pengamanan maksimal yang sama.

Presiden Yudhoyono sebelumnya mendarat di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai dari penerbangan panjang dengan awal rute dari Pangkalan Udara Angkatan Udara Amerika Serikat Hicham di Honolulu, Guam, dan berakhir di Bali. Di Honolulu, Amerika Serikat, Yudhoyono memimpin delegasi Indonesia dalam Pertemuan Puncak CEO APEC 2011.

KTT Ke-19 ASEAN ini diharapkan menghasilkan Deklarasi Bali. Dokumen itu terbagi menjadi beberapa bidang, yaitu Komunitas ASEAN dalam Komunitas Global Bangsa-Bangsa. Deklarasi itu akan memastikan setiap penyelesaian konflik di kawasan Asia Tenggara dilakukan secara damai.

Deklarasi Bali itu akan dirangkai dengan deklarasi lain, yaitu Deklarasi KTT Asia Timur mengenai Prinsip-Prinsip Hubungan yang Saling Menguntungkan, Deklarasi KTT Asia Timur mengenai Keterhubungan ASEAN, Deklarasi Bersama mengenai Kemitraan Komprehensif antara ASEAN dan PBB. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011