Sumedang (ANTARA) - Kepolisian Resor Sumedang, Jawa Barat menyampaikan jalur Tol Cisumdawu hingga Cimalaka atau seksi 2 dan 3 di daerah itu akan dibuka secara situasional untuk mengatasi kemacetan lalu lintas mudik Lebaran 2022 di jalur utama Bandung-Cirebon.

"Sampai Cimalaka bisa digunakan secara situasional," kata Kepala Kepolisian Resor Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto kepada wartawan di Sumedang, Rabu.

Polres Sumedang menerjunkan sejumlah personel gabungan untuk melakukan pengamanan di jalur utama Sumedang, yakni kawasan Cadas Pangeran yang merupakan daerah rawan kemacetan lalu lintas.

Baca juga: Ada tambahan 150 toilet di area istirahat JTTS

Ketika terjadi kemacetan di jalan utama kawasan Cadas Pangeran, pihaknya akan membuka jalan tol seksi 2 dan 3 sebagai jalur alternatif guna mengatasi kemacetan di Jalan Raya Sumedang.

"Ketika mengalami kepadatan baru kami gunakan seksi 2 keluar Bojong Tengah, Kota Sumedang masih padat, kami akan gunakan lagi ke Cimalaka, tergantung situasi dan kondisi," katanya.

Ia menyampaikan Tol Cisumdawu saat ini baru layak dilintasi kendaraan sampai gerbang keluar Tol Pamulihan atau seksi 1, sedangkan kondisi jalan tol seksi berikutnya hingga Cimalaka belum bisa dibuka untuk kendaraan pemudik.

Jika dibuka untuk alternatif mengatasi kemacetan, kata dia, hanya bisa digunakan saat siang hari, tidak direkomendasikan dilintasi kendaraan pada malam hari.

"Tidak direkomendasikan malam hari, tapi tetap yang menjadi prioritas jalur utama adalah jalur Cadas Pangeran," katanya.

Baca juga: Petugas sempat buka tutup Rest Area KM 57 Tol Japek karena penuh
Baca juga: Jasa Marga kembali buka Tol Layang MBZ
Baca juga: Kementerian PUPR pastikan infrastruktur arus mudik sudah siap

Pewarta: Feri Purnama
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022