Karawang (ANTARA) - Petugas sempat menerapkan sistem buka tutup Rest Area KM 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) seiring terjadinya penumpukan kendaraan yang akan memasuki "rest area" itu.

Kasatlantas Polres Karawang AKP Laode Habibi Ade Jama dalam keterangannya di Karawang, Rabu, menyampaikan buka tutup "rest area" dilakukan saat kondisi "rest area" sudah tak bisa menampung kendaraan.

Saat "rest area" penuh menyebabkan terjadi antrean kendaraan yang menuju "rest area" sampai ke bahu Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga: Kapolri mengimbau masyarakat sesuaikan waktu mudik dengan ganjil genap

Kondisi tersebut mengakibatkan kepadatan sehingga dilakukan buka tutup "rest area" agar arus lalu lintas tetap lancar.

Sementara itu, kepadatan arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada H-5 Lebaran 2022 membuat petugas melakukan "contra flow".

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Dwimawan Heru menyampaikan "contra flow" dilakukan mulai KM 47 wilayah Karawang hingga Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70.

Baca juga: Polres Bekasi siapkan area rehat pemudik motor di KM 60 Kedungwaringin
Baca juga: SPBU rest area KM 35 Tol Jagorawi antisipasi peningkatan kebutuhan BBM


Rekayasa lalu lintas "contra flow" mulai diberlakukan sejak pukul 07.36 WIB hingga pukul 11.00 WIB dengan tujuan mengurai kepadatan arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek.

"Contra flow" itu sendiri menjadi salah satu upaya kepolisian dan Jasa Marga dalam menangani kepadatan arus lalu lintas di jalan tol pada mudik Lebaran 2022.

Selain "contra flow", petugas menyiapkan sistem ganjil genap dan rekayasa lalu lintas "one way" untuk mengatasi kepadatan di jalan tol.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022