San Jose (ANTARA News/AFP) - Gol yang diciptakan David Villa pada saat-saat akhir jelang usai tanding (injury time) membuat juara sepak bola dunia dan Eropa, Spanyol, bermain imbang 2-2 lawan tim kecil Kosta Rika pada laga persahabatan internasional, Selasa malam waktu setempat (Rabu WIB).

Spanyol, yang ingin bangkit kembali setelah kalah 0-1 dalam laga persahabatan atas Inggris, Sabtu lalu, kurang bertaji serangannya pada laga yang berlangsung di bawah siraman hujan di Estadio Nacional.

Pertahanan mereka pun kurang tajam, sehingga mereka dihantam Kosta Rika 0-2 pada babak pertama, sebelum menambah irama permainan pada babak berikutnya.

Randal Brenes mencetak gol pada menit ke-30 untuk Kosta Rika dan striker Arsenal, Joel Campbell, menambah satu lagi untuk tuan rumah pada menit ke-41.

Villa menembus gawang lawan pada menit ke-83, sebelum mencetak gol lainnya menjelang laga berakhir sehingga kedudukan imbang 2-2.

Penjaga gawang gaek Iker Casillas tampil untuk ke-127 kalinya dalam tim nasional Spanyol, dan menjadi satu-satunya pemain yang tampil paling banyak bagi negaranya.

Tapi, tonggak sejarahnya itu terusik dan kesalahan yang tidak lazim, ketika ia mengontrol bola di dekat gawang, sehingga Brenes mendapat ruang tembak untuk menggetarkan gawang Spanyol.

Campbell membuat angka menjadi 2-0 lewat tendangan keras melewati Casillas.

Spanyol, yang sudah melewati masa kampanye penyisihan Euro, terkadang mengalami masa sukar dalam membentuk tim solid seperti dalam laga persahabatan itu.

Kekalahan mereka di Wembley merupakan yang keempat kalinya dalam laga persahabatan sejak mereka menang di Piala Dunia dan pada laga Selasa malam mereka menghindar dari kekalahan dengan masuknya beberapa pemain pengganti yang menaikkan irama tekanan mereka.

Setelah turun minum, mereka mengontrol permainan dan striker Barcelona Villa beberapa kali mengancam penjaga gawang lawan sebelum akhirnya bola bergetar di jala gawang.

Villa menambah gol sehingga kedudukan sama satu menit memasuki injury time, dan tuan rumah terhenyak kehilangan peluang meraih kemenangan yang sempat dinikmati selama 45 menit pertandingan babak awal.
(Uu.A008/A016)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011