Bandung (ANTARA News) - Tim bola basket putra Indonesia dipastikan berjumpa Thailand pada babak semifinal SEA Games XXVI/2011 setelah menjuarai Grup B dengan mengalahkan Singapura 80-75 pada pertandingan di Britama Arena Sport Center Jakarta Utara, Rabu.

Timnas Indonesia memastikan juara grup B dengan nilai sempurna enam dari hasil tiga kali menang tanpa kalah. Kemenangan tim asuhan pelatih asal Singapura Rastfari Horongbala ini cukup dramatis karena Singapura sempat memimpin dalam perolehan angka.

Bahkan pada saat pertandingan tinggal semenit, timnas Indonesia masih tertinggal 68-69. Namun berkat pengalaman bertanding Ronny Gunawan dkk, Indonesia berhasil memegang kedali permainan semenit terakhir sekaligus menutup kuarter keempat dengan skor 80-75.

Sementara itu bakal lawannya, Thailand, merupakan runner up Grup A setelah menelan kekalahan telak dari Filipina 103-69.

Filipina sebagai juara Grup A dipastikan akan berjumpa Malaysia yang menjadi runner up Grup B usai mengkandaskan Myanmar 100-72 (49-36). Malaysia menempati urutan kedua Grup B dengan nilai lima hasil dua kali menang dan sekali kalah.

Timnas Singapura dipastikan gagal melaju ke babak perburuan medali SEA Games 2011 setelah hanya berada di peringkat tiga Grup B.

Dalam pertandingannya melawan Singapura, timnas Indonesia mengawalinya dengan buruk sehingga tertinggal pada kuarter pertama 16-22. Perolehan angka Indonesia masih tersendat pada kuarter kedua 42-32.

Baru pada kuarter tiga, Amin Prihantono, Ronny Gunawan dan Faisal J Ahmad bangkit dengan mencetak 22 angka di kuarter ketiga, sebaliknya menghambat perolehan Singapura yang hanya bisa melesakkan 16 poin.

Pertarungan sengit dan ketat terjadi pada kuarter keempat. Andi Pujakesuma dkk memperlihatkan kapasitasnya melalui permainan cepat dan tembakan terukur dari jarak tiga dan dua angka.

Pada kuarter keempat Indonesia menceta 38 angka, sedangkan Singapura hanya mampu melesakan 16 angka dalam rekanan tuan rumah. Akhirnya Indonesia memastikan kemenangan ketiganya dengan skor akhir 80-75.

Sementara di bagian putri, Filipina dan Thailand bersaing ketat untuk menjadi pemuncak klasemen akhir pertadingan kelompok putri yang menggunakan sistem round robin. Kedua tim sama-sama telah mengumpulkan dua kali kemenangan dengan nilai sempurna empat.

Filipina dan Thailand dipastikan akan bentrok pada pertandingan head to head Jumat (18/11) sebelum mengakhiri pertandingan keempatnya Sabtu (19/11).

Pada pertandingan Rabu (16/11), timnas Thailand mengalahkan putri Malaysia 74-59 dan Filipina mengandaskan Myanmar 57-59.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011