Palembang (ANTARA News) - Tim panjat tebing putra Indonesia berhasil menyingkirkan Malaysia dan Singapura pada nomor kecepatan beregu SEA Games XXVI di komplek Jakabaring Sport City Palembang, Sumatera Selatan, Kamis sore.

Hermawan, Yulianto Abudzar, dan Pandu Asmoro meraih medali emas setelah mengumpulkan poin 27,01, sedangkan perak direbut Malaysia, dan perunggu milik Singapura.

Bukan hanya tim putra, pada kategori kecepatan beregu ini, tim putri yang diperkuat Tri Adianti, Fifi Lia Anggraini dan Evi Nelawati juga meraih emas dengan poin 39,25.

Medali perak disabet tim putri Thailand dan Singapura harus puas dengan medali perunggu.

Dari cabang olahraga panjat tebing yang baru pertama kali dipertandingkan di SEA Games itu Indonesia telah mengumpulkan tujuh medali emas.

Perak kategori kecepatan beregu putri seharusnya jatuh ke tangan Singapura jika saja salah satu atletnya tidak melakukan kesalahan. Salah satu atlet Negeri Singa itu berhasil mencapai puncak tertinggi dalam waktu tercepat, namun langsung turun sebelum menyentuh lampu finish.

Sejumlah penonton memberikan tepuk tangan meriah atas keberhasilan dan ketangguhan atlet panjang tebing Indonesia yang berhasil meraih hampir semua medali emas cabang ini.

"Hampir setiap hari saya membawa anak-anak menyaksikan atraksi olahraga panjat tebing ini. Dan tim Indonesia selalu tampil baik dan mengembirakan," kata Rozali, warga Plaju Palembang.

(A042)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011