...para wartawan yang bekerja di Media Centre agar menjaga kondisi kerja tetap kondusif...
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Para jurnalis yang meliput KTT ke-19 ASEAN, KTT ASEAN+3, dan KTT ke-enam Asia Timur di Bali nonton bareng pertandingan sepak bola Indonesia melawan Malaysia pada Sea Games 2011, di Media Center Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Kamis malam.

Sebanyak delapan unit layar televisi ukuran 42 inchi yang berada di ruang Pusat Media semua menampilkan pertandingan tersebut.

Sorak-sorai jurnalis yang menonton pertandingan tersebut, sedikit menganggu beberapa jurnalis lain yang masih membuat berita. Sehingga beberapa kali panitia sempat memperingatkan, agar hal ini jangan sampai menganggu wartawan lain yang membuat berita.

"Diumumkan kepada para wartawan yang bekerja di Media Centre agar menjaga kondisi kerja tetap kondusif," kata panitia, mengumumkan melalui pengeras suara.

Namun, meski sudah diperingatkan para wartawan yang menonton bareng sambil lesehan tetap saja refleks berteriak-teriak bila bola akan mendekati gawang.

Sementara para wartawan asing tetap saja bekerja dan acuh terhadap situasi yang ramai tersebut.

Jumlah wartawan yang meliput acara KTT sebanyak 2.000-an orang yang mendaftar dari 280 media. Sementara 70 media dari dalam negeri dan selebihnya adalah media asing.

Pusat Media untuk KTT ASEAN dan KTT Asia Timur dilengkapi dengan 300 komputer yang tersambung ke jaringan internet untuk memudahkan kerja para wartawan yang meliput.

Bagi para wartawan yang membawa komputer jinjing sendiri, panitia menyediakan jalur khusus untuk mereka.

Pusat media massa itu juga dilengkapi dengan sejumlah studio mini untuk keperluan penyiaran materi berita dalam bentuk foto, audio dan video.

Pertemuan puncak pada hari ini diawali dengan penyambutan para kepala negara/pemerintahan anggota ASEAN oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden yang bertindak selaku Ketua ASEAN 2011 mengenakan setelan jas berwarna hitam dan berdasi biru tua didampingi Ani Yudhoyono mengenakan kebaya berwarna ungu muda menyambut kedatangan para pemimpin negara anggota ASEAN di karpet merah lobi utama dan berfoto bersama dengan para kepala negara atau kepala pemerintahan yang datang satu per satu berdasarkan urutan abjad.

Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, yang pertama tiba di Gedung BNDCC, disusul Sultan Hasanal Bolkiah dari Brunei Darussalam , PM Laos Thongsing Thammavong, Presiden Myanmar Thein Sein, Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Mohd Najib bin Tun Abdul Razak, Presiden Filipina Benigno Aquino III, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Thailand Yingluck Shinawatra, dan PM Vietnam Nguyen Tan Dung.

Upacara pembukaan KTT ke-19 ASEAN dilaksanakan pada pukul 09.00 Wita di Bali. Pertemuan puncak itu akan berlangsung hingga 19 November 2011.  (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011