Jakarta (ANTARA) - Forum Kerukunan Komunitas Cirebon (Forkoci) sediakan Posko Mudik di Jalan Brigjen Darsono, Cirebon.

“Kita menyediakan minum gratis, makan gratis, hingga pijat gratis selama 24 jam. Cuma untuk pemijatnya karena dia ada aktivitas lain, jadi enggak menentu ada di jam berapa,” kata Bobbo selaku Koordinator saat dijumpai ANTARA, Jumat.

Baca juga: Transaksi pembayaran GT Palimanan Cirebon ditiadakan selama mudik

Di sisi lain, Agung Prasetya selalu Penanggung Jawab menjelaskan bahwa biaya untuk penyediaan makanan dan minuman di posko tersebut didapat dari urunan bersama anggota lainnya.

Tak hanya itu, Posko Mudik Forkoci ini juga mendapatkan dukungan dari beberapa relawan seperti Relawan Berbagi Nasi.

“Dari Forkoci sendiri sudah terbiasa urunan dengan anggota. Kebetulan kita juga di support dengan beberapa relawan. Yaitu salah satunya relawan Berbagi Nasi. Beliau berdonasi teh, kopi, dan air mineral,” kata Agung.

Lebih lanjut, Agung menjelaskan bahwa sebelumnya Forkoci juga pernah menyediakan Posko Mudik. Namun tahun ini Posko Mudik tersebut baru diadakan kembali sebab adanya larangan mudik saat pandemi di dua tahun lalu.

“Sebetulnya ada sejak lama. Kebetulan sejak pandemi ini tidak ada yang mudik. Jadi kita baru ngadain kali ini lagi gitu,” ujar Agung.

“Kita mengadakan posko mudik ini supaya bisa menyediakan tempat istirahat bagi pemudik yang lelah. Jadi pemudik bisa beristirahat sejenak. Karena keselamatan lebih penting daripada kecepatan,” lanjutnya.

Terakhir, Agung juga menginformasikan bahwa setiap harinya terdapat delapan hingga 10 orang anggota Forkoci yang berjaga di posko tersebut. Sementara jam ramai di posko itu sekitar waktu Maghrib hingga menjelang Isya.

“Jaga perhari 10 sampai 8 orang. Momen padat bangetnya itu jelang Maghrib dan setelah Maghrib. Kebanyakan orang istirahat buka puasa,” tutupnya.

Posko Mudik Forkoci buka selama 24 jam mulai tanggal 27 April hingga 1 Mei mendatang. Namun, pihak Forkoci masih mempertimbangkan untuk mengadakan Posko Balik usai Lebaran.

Selain di Cirebon, Posko Mudik Forkoci juga terdapat di Karawang, Losari, Bekasi dan Jakarta.




Baca juga: Polres Cirebon alihkan arus kendaraan dari arah Jateng akibat padat

Baca juga: Jalur mudik Cirebon ramai dari dua arah

Baca juga: Ratusan tenaga kesehatan disiagakan di jalur mudik Cirebon


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022