Pastikan jaket keselamatan tersedia penuh demi menjamin keselamatan para penumpang
Tanjungpinang (ANTARA) - Kepala Posko Lawan COVID-19 Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Buralimar meminta kapal angkutan mudik antarpulau tidak melebihi kapasitas muatan penumpang untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut.

"Saya lihat di pelabuhan Punggur Batam, antrean penumpang membludak. Jangan sampai ini justru memicu kapal mengangkut penumpang melebihi kapasitas 100 persen," katanya di Batam, Jumat.

Baca juga: Arus lalu lintas di Jalan Wates "H-3" Lebaran ramai lancar
​​​​​​​
Buralimar berharap otoritas pelabuhan dan pengusaha kapal mengawasi ketat kapal angkutan mudik agar sesuai manfies untuk mengontrol kesesuaian antara jumlah penumpang di darat dan di kapal.

Ia juga berharap ada penambahan armada kapal antarpulau untuk menghadapi lonjakan arus mudik pada Lebaran Idul Fitri tahun ini. Kondisi ini dipicu karena selama dua tahun terakhir masyarakat tak bisa mudik akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Jalur Puncak Bogor lengang jelang Lebaran

Selain itu, ia juga meminta pengusaha kapal menyiapkan jaket keselamatan penumpang guna menghindari kejadian-kejadian yang tak diinginkan. Ini mengingat kondisi cuaca di wilayah Kepri kerap berubah-ubah.

"Pastikan jaket keselamatan tersedia penuh demi menjamin keselamatan para penumpang," ujarnya.

Baca juga: Arus mudik tol jalur Semarang-Solo di Boyolali padat lancar

Lebih lanjut Buralimar turut mengimbau agen kapal dan para pemudik tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan, terutama memakai masker selama perjalanan mudik untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Masyarakat pun diminta sudah melakukan vaksinasi lengkap dua dosis bahkan booster atau penguat sebelum mudik supaya kekebalan tubuh meningkat.

"Masker dan vaksin masih menjadi kunci utama melawan COVID-19," katanya menegaskan.
 

Pewarta: Ogen
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022