Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, Perusahaan Umum Daerah Air Minum Jaya (PAM JAYA) menyalurkan bantuan kepada 100 panti asuhan tersebar di wilayah Jabodetabek dalam rangkaian merayakan 100 tahun usia perusahaan pada 23 Desember 2022.

Melalui program PAM JAYA Berbagi Alirkan Berkah 100 Panti, perusahaan menyalurkan bantuan senilai Rp500 juta yang disalurkan melalui Yayasan Kapiler Indonesia, YAKESMA, Yayasan Wihdatul Ummah, Gerakan Pemuda Ansor, Pemuda Muhammadiyah, dan Lembaga Amil Zakat Al-Azhar.

Baca juga: PAM JAYA kerahkan enam armada tangki air saat Shalat Idul Fitri di JIS

"Inisiasi ini merupakan bentuk rasa syukur PAM Jaya memasuki usia ke 100 tahun. PAM JAYA berharap, bantuan ini dapat tersalurkan secara tepat kepada mereka yang membutuhkan, apalagi dalam kondisi sulit akibat pandemi COVID-19 yang terjadi sejak awal 2020 silam," kata Direktur Pelayanan PAM Jaya Syahrul melalui keterangan di Jakarta, Jumat.

Penyaluran bantuan kepada 100 panti ini akan dilakukan secara bertahap selama bulan Ramadhan melalui para agregator yang berkolaborasi.

Adapun peringatan 100 tahun usia PAM JAYA juga menjadi babak baru bagi perusahaan daerah tersebut untuk memulai pengelolaan sistem air minum di Ibu Kota secara penuh.

Baca juga: PAM Jaya: Perampingan karyawan dari mitra dilakukan bertahap

Saat ini PAM JAYA tengah menyiapkan proses transisi pengambilalihan operasi dan aset dari dua mitranya, yakni PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) dan PT Aetra Air Jakarta yang sudah menjalin kerja sama selama 25 tahun.

Dengan berakhirnya kontrak kerja sama pada Januari 2023, PAM JAYA sepenuhnya akan mengelola sistem air minum di Ibu Kota per 1 Februari 2023.

Tidak seperti sebelumnya yang menjadi pengawas terhadap kedua mitranya, PAM Jaya nantinya memegang kendali penuh atas seluruh investasi pengelolaan air minum, operasional, SDM dan aset-aset seperti Instalasi Pengolahan Air.

Baca juga: PAM Jaya siapkan skema pendanaan investasi dari BUMN hingga swasta

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022