H-1 Lebaran atau Minggu (1/5), kita perkirakan masih terjadi puncak mudik
Medan (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) memperkirakan puncak arus mudik melalui KM Kelud yang tiba di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Kota Medan, Sumut, terjadi pada akhir pekan ini.

"H-1 Lebaran atau Minggu (1/5), kita perkirakan masih terjadi puncak mudik di Belawan," kata Kepala PT Pelni Cabang Medan, Agus Nugroho di Medan, Jumat.

Hingga kini, lanjut dia, pihaknya telah mendapatkan informasi bahwa lebih dari 2.000 tiket penumpang, baik kelas 1 maupun kelas 2 dan kelas ekonomi KM Kelud sudah terjual.

Sedangkan total kapasitas penumpang KM Kelud yang tersedia secara keseluruhan, yakni 2.607 orang akan berlayar membawa penumpang mengarungi lautan lepas.

Untuk saat ini KM Kelud cuma melayani penumpang tujuan Belawan - Batam pergi pulang menjelang Lebaran tahun ini atau Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah

Ketika situasi normal, KM Kelud melayani rute pelayaran dari Pelabuhan Belawan-Tanjung Balai Karimun-Batam-Tanjung Priok pergi pulang.

"Hari ini puncak mudik pertama dengan membawa 2.607 penumpang dari Batam dan siang tadi sudah berangkat Belawan - Batam dengan tiket terjual 801 penumpang," katanya.

Ia menambahkan, persyaratan pemudik kapal laut sama seperti kendaraan umum lainnya dengan ketentuan harus sudah vaksin pertama, kedua dan ketiga tidak perlu lagi tes usap antigen.

"Untuk penumpang vaksinasi kedua, cuma perlu tes usap antigen. Namun, bila masih vaksin pertama, maka wajib PCR," kata Agus.

Baca juga: 2.500 pemudik tahun baru tiba di Medan
Baca juga: Pelni perkirakan puncak arus mudik di Pelabuhan Belawan 31 Desember

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022