Kami memastikan CCTV itu dalam kapal keadaan hidup.
Medan (ANTARA) - Perseroan Terbatas Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni) Medan menjamin keamanan dan keselamatan penumpang pada masa mudik dan balik Lebaran 2023.

"Kami memenuhi semua sudah sesuai dengan regulasi dan prosedur pemerintah," ujar Kepala Cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana di Medan, Senin.

Untuk keamanan, PT Pelni Medan memastikan semua personel di dalam kapal bersiaga untuk mencegah dan menanggulangi kejadian yang tidak diinginkan selama penumpang dalam perjalanan.

Bahkan, sebelum memasuki kapal, penumpang juga dipantau oleh petugas keamanan yang berjaga di pelabuhan.

Di dalam kapal, Pelni menyiapkan kamera pengawas (CCTV) di beberapa titik yang aktif sepanjang hari.

"Kami memastikan CCTV itu dalam kapal keadaan hidup," kata Biwa.

Dari sisi keselamatan, PT Pelni Medan memastikan semua kapal yang digunakan sudah melewati uji petik kelaiklautan kapal penumpang dari Kementerian Perhubungan.

Uji petik kapal tersebut melingkupi pemeriksaan kelengkapan dokumen, kualifikasi awak kapal, keselamatan kapal, pencegahan pencemaran dari kapal, serta manajemen keselamatan dan keamanan kapal.

"Kami memenuhi juga beberapa rekomendasi dari pihak regulator," tutur Biwa.

Baca juga: Kemenhub: Pembayaran nontunai urai kepadatan di simpul transportasi
Baca juga: Polri siapkan satgas pengamanan mudik khusus jalur rawan


Andai penumpang memiliki masalah ketika berada di Pelabuhan Belawan, Biwa meminta agar segera melapor ke pos terpadu di Terminal Penumpang Bandar Deli.

Pos itu berisi petugas gabungan, baik itu dari TNI, Polri, Pelindo, Pelni, otoritas pelabuhan, maupun lainnya.

"Jadi, kalau terjadi sesuatu, termasuk masalah kesehatan, segera adukan ke posko," tutur Biwa.

PT Pelni Medan mengoperasikan dua kapal saat masa angkutan laut Lebaran 2023, 7 April—8 Mei 2023, yakni KM Kelud dan KM Dorolonda.

Pada bulan April 2023, KM Kelud akan berlayar dari Pelabuhan Belawan pada tanggal 8 (tujuan Batam-Kijang-Tanjung Priok-Batam-Tanjung Balai Karimun), pada tanggal 14 (Batam), pada tanggal 16 (Batam), pada tanggal 18 (Batam), pada tanggal 24 (Tanjung Balai Karimun-Batam-Tanjung Priok), dan pada tanggal 30 (Batam).

Pada bulan Mei 2023, kata dia, KM Kelud berangkat dari Pelabuhan Belawan pada tanggal 3 (Batam), pada tanggal 5 (Batam), pada tanggal 7 (Tanjung Balai Karimun-Batam-Tanjung Priok), pada tanggal 14 (Batam), pada tanggal 16 (Tanjung Balai Karimun-Batam-Jakarta), dan pada tanggal 23 (Batam-Kijang-Tanjung Priok).

Untuk membantu operasional KM Kelud, PT Pelni Medan menyiapkan KM Dorolonda yang berangkat pada tanggal 19 April 2023 dengan tujuan Belawan-Batam-Kijang hingga Tanjung Priok. KM Dorolonda ini hanya sekali berlayar dari Pelabuhan Belawan pada saat arus mudik.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023