Saya kira mereka (China) memahami strategi kami (AS)"
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Perdana Menteri China Wen Jiabao telah membincangkan nilai mata uang China dan juga kepentingan ekonomi AS di Laut China Selatan, kata seorang pejabat Gedung Putih seperti dikutip Reuters.

"Fokus utama pertemuan tadi adalah ekonomi,"  kata Tom Donilon, penasehat keamanan Presiden Obama, kepada wartawan usai kedua pemimpin bertemu secara bilateral di sela KTT Asia Timur di Nusa Dua, Bali, Sabtu.

"Sebuah pembicaraan yang berlangsung baik," kata Donilon merujuk pertemuan Obama - Jiaobao itu.

Dia menyatakan Amerika Serikat ingin menjamin kebebasan berlayar dan arus bebas perdagangan di China Laut Selatan, serta penyelesaian damai untuk sengketa-sengketa yang terjadi di kawasan itu.

Donilon menggambarkan dinamika hubungan diplomatik AS-China sebagai "produktif dan konstruktif".

Obama menyampaikan dengan terang dan jelas mengenai kepentingan Amerika dalam perbicangannya dengan Wen Jiabao sebagaimana yang pernah dia lakukan pekan lalu di Honolulu kepada Presiden China  Hu Jintao.

"Kami memilki hubungan yang sangat pelik dan amat substansial dengan China di seluruh dunia," katanya menggambarkan komitmen pemerintahan Obama dalam hubungannya dengan China menyangkut serangkaian isu setelah AS meningkatkan kehadirannya di  kawasan Asia Pasifik.

"Saya kira mereka (China) memahami strategi kami (AS)," kata Donilon. (*)

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011