Arus balik mendatang saya akan memantau langsung
Lampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta pelayanan kepada pemudik pada arus mudik dan balik Lebaran 2022 tak boleh terganggu oleh hal apapun.

"Sesuai arahan Presiden pelaksanaan mudik tak boleh terganggu. Karena itu saya meminta semua pihak untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya agar perjalanan mudik aman dan nyaman," kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu.

Gubernur Lampung dalam kesempatan itu mengatakan bahwa saat ini keinginan masyarakat untuk mudik cukup besar mengingat sudah dua tahun tak ada mudik akibat COVID-19.

Dirinya memahami keinginan masyarakat yang cukup besar untuk mudik terutama dari Jawa menuju sejumlah wilayah di Sumatera seperti Lampung, Jambi, Sumatera Selatan.

Baca juga: Gubernur: pemudik bisa gunakan tol Bakauheni - Pematang Panggang

Baca juga: Gubernur minta Pemkab Lampung Selatan siap hadapi mudik


Karena itu ia meminta pelayanan kepada pemudik harus diperhatikan tak boleh terganggu oleh hal hal yang tak diinginkan.

"Kami meminta ASDP untuk memberikan layanan maksimal agar mudik berlangsung aman dan nyaman," ujarnya.

Arinal mengatakan bahwa volume arus mudik tahun ini peningkatannya cukup luar biasa dibandingkan tahun sebelumnya.

Di sisi lain, ia juga mengingatkan kepada pemudik untuk berhati hati di jalan saat melintasi Jalan Lintas Sumatera ataupun Jalan Tol Trans Sumatera.

"Ada jalan tol untuk dilintasi pemudik. Jalannya cukup bagus dan juga tak terlalu ramai," katanya.

Ia juga berharap pengelola jalan tol Sumatera agar menyiapkan konsumsi bagi pemudik di sejumlah rest area, sebagai bentuk layanan kepada masyarakat yang mudik.

Terkait antisipasi arus balik, Arinal mengatakan akan berkoordinasi dengan semua pihak agar mudik berjalan aman dan lancar.

"Pada arus balik mendatang saya akan memantau langsung di sejumlah titik bersama Kapolda Lampung dan Dirut ASDP, " tambahnya.

Baca juga: Arus pemudik di Pelabuhan Bakauheni pada H-2 Lebaran landai

Baca juga: Ratusan ribu pemudik ke Merak melalui Pelabuhan Bakauheni

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022