Jakarta (ANTARA) - Penyanyi asal Korea Selatan PSY berbagi cerita tentang awal mula terjadinya kolaborasi bersama Suga BTS.

Pada 29 April, PSY membuat comeback dengan album "PSY 9th" dan lagu "That That" yang diproduseri oleh Suga. Segera setelah dirilis, lagu tersebut melesat ke puncak tangga lagu Korea serta seluruh dunia.

Dalam episode "Knowing Bros (Ask Us Anything)" di JTBC pada 30 April, PSY berbicara tentang bagaimana dia dan Suga akhirnya bekerja sama dalam lagu tersebut, yang belum dirilis pada saat syuting variety show tersebut.

​​Baca juga: Psy "comeback" setelah lima tahun dengan album penuh

"Suatu hari, saya mendapat pesan teks dari nomor yang tidak dikenal. 'Hai, ini Suga. Saya ingin berbicara dengan Anda tentang sesuatu'. Jadi, kami bertemu," ujar PSY dilansir Soompi pada Minggu.

"[Suga] adalah penampil yang hebat, tentu saja, tetapi dia juga sangat pandai menulis musik. Dia memproduseri lagu untuk IU dan Heize sebelumnya. Jadi dia telah menghasilkan banyak lagu untuk bintang lain sebelumnya, dan dia mengatakan kepada saya bahwa dia ingin menyelesaikan proyek produsernya dengan memberi saya sebuah lagu," lanjut PSY.

Setelah itu, Suga mengirimkan musik instrumental untuk "That That". Suga telah memberikan beberapa ketukan untuk lagu tersebut.

"Dia lalu bertanya, 'Bisakah Anda menyanyikan lagu ini?' dan saya bilang, 'Kamu tidak perlu seperti itu, saya tidak mungkin menolak jika kamu produsernya'. Jadi saya mau!" ujar PSY.

PSY dan Suga terus berkomunikasi setelah pembicaraan tersebut. Keduanya mengerjakan lagu bersama dan akhirnya Suga juga tampil di lagu "That That".

"Saya benar-benar ingin mengambil kesempatan ini untuk mengungkapkan rasa terima kasih saya kepadanya," kata PSY.

Baca juga: Suga BTS bicara tentang kolaborasi dengan Psy lewat "That That"

Baca juga: Psy akan rilis album studio baru bulan ini

Baca juga: Video klip "Gangnam Style" Psy cetak sejarah tembus 4 miliar "views"

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022