Hari ini tidak penambahan kasus sehingga kasus aktif COVID-19 tetap 19 orang,
Pangkalpinang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kepulauan Bangka Belitung menyatakan kabupaten/kota di provinsi itu nihil penambahan kasus COVID-19, antara lain karena kesadaran masyarakat menjalankan protokol kesehatan yang semakin baik.

"Hari ini tidak penambahan kasus sehingga kasus aktif COVID-19 tetap 19 orang," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan sebanyak 19 pasien COVID-19 yang masih menjalani isolasi atau perawatan tersebar di Bangka Tengah 6, Pangkalpinang 4, Bangka 3, Belitung 3, Bangka Barat, Bangka Selatan dan Belitung Timur 1 kasus orang.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Babel bertambah dua jadi 23 orang

"Hari ini pasien sembuh dan meninggal akibat COVID-19 juga tidak ada," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini 16 dari 19 pasien COVID-19 aktif menjalani isolasi mandiri, sementara sisanya dirawat di rumah sakit rujukan, karena memiliki penyakit bawaan.

"Saat ini kondisi 80 unit isolasi terpusat tidak ada pasien COVID-19, karena warga terpapar virus corona ini lebih memilih isoman," katanya.

Baca juga: Stok vaksin COVID-19 Babel cukup dukung percepatan vaksinasi Ramadhan

Menurut dia, penurunan kasus penularan dan penyebaran COVID-19 selama Ramadhan tahun ini karena kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah puasa, tarawih, dan ketika beraktivitas di pusat-pusat perbelanjaan, yang semakin membaik.

Selain itu, kesadaran masyarakat untuk menyukseskan vaksinasi COVID-19 juga mengalami peningkatan, sehingga dapat meningkatkan kekebalan komunal dari penularan virus corona itu.

"Alhamdulillah, kebijakan pemerintah mewajibkan vaksin ke pemudik ini berdampak positif terhadap peningkatan capaian vaksinasi COVID-19," katanya. 

Baca juga: Tiga kabupaten di Babel nihil kasus COVID-19

Baca juga: Satgas sebut rumah sakit di Babel tangani 41 pasien COVID-19

Pewarta: Aprionis
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022