Banjarbaru (ANTARA) - Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan melayani enam ekstra flight atau penerbangan tambahan untuk memberangkatkan sebanyak 6.945 pemudik pada H-1 atau Minggu.

"Untuk ekstra flight ada rute ke Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta yang dilayani maskapai Lion Air Group," kata Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin Ahmad Zulfian Noor di Banjarbaru, Minggu.

Baca juga: H-2 Lebaran, 714 ribu kendaraan tinggalkan Jabotabek ke Bandara Soetta

Pemudik yang berangkat dan datang ke Banjarmasin terdiri dari 1.925 penumpang yang datang diangkut 24 penerbangan reguler dan 2 ekstra flight.

Sementara yang berangkat meninggalkan Bumi Lambung Mangkurat ada sebanyak 5.020 orang dilayani 26 penerbangan reguler dan 4 ekstra flight.

Jika dibanding sehari sebelumnya atau H-2 Sabtu (30/4) terjadi penurunan jumlah penumpang. Sepanjang hari Sabtu, pemudik yang datang 2.802 orang melalui
26 penerbangan reguler, 1 perintis dan 4 ekstra flight.

Baca juga: H-1 Lebaran, Sebanyak 35.000 pemudik berangkat dari Stasiun KA Jakarta

Sedangkan yang berangkat tercatat 5.233 orang dari 26 penerbangan reguler, 3 perintis dan 4 ekstra flight.

Khusus untuk penerbangan perintis atau pesawat kecil mengangkut penumpang tujuan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan dan Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Zulfian menyebut, diprediksi masih ada pemudik yang memilih berangkat pada hari H Lebaran pada Senin (2/5) dengan segala pertimbangannya.

Baca juga: H-1 Lebaran, Menhub pantau Bandara Soekarno-Hatta

Pihak maskapai dan otoritas bandara pun berkomitmen untuk tetap beroperasi di Hari Raya Idul Fitri agar pemudik semuanya bisa terangkut kembali ke kampung halaman untuk berlebaran.

Pewarta: Firman
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022