Los Angeles (ANTARA News) - Seri paling akhir franchise film "Twilight Saga" telah mengejutkan industri perfilman pada akhir pekan lalu, dengan perkiraan penghasilan 139,5 juta dolar AS dari berbagai bioskop Amerika Utara, dan berakhir sebagai film dengan penghasilan tertinggi.

Yang keempat dari film vampir-dan-manusia-srigala tersebut, "The Twilight Saga: Breaking Dawn, Part 1", mengantungi 72 juta dolar AS dari penjualan tiket pada Jumat (18/11), ketika film itu ditayangkan pertama kali di 4.061 lokasi di Amerika Serikat dan Kanada. Itu merupakan Jumat pembukaan terbaik ketiga tahun ini, cuma tertinggal oleh "Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2" dan "New Moon", demikian data statistik yang dikeluarkan oleh studio tersebut.

Pada Sabtu, film itu mengalami penurunan penghasilan sebesar 43,5 persen, dan "hanya" meraup 40,7 juta dolar AS dari penjualan tiket.

Film yang kedua dari penutup serial vampir tersebut -- yang menampilkan bintang Robert Pattinson, Kristen Stewart dan Taylor Lautner-- diproyeksikan meraih 26,8 juta dolar lagi pada Ahad, atau mendekati penghasilan 140 juta dolar AS selama akhir pekan, demikian perkiraan studio itu.

Itu menandai akhir pekan pembukaan terbaik kelima sepanjang masa, setelah "Harry Potter and the Deathly Hallows, Part 2", "The Dark Night", "Spider-Man" dan "Twilight Saga: New Moon". Pemasukan serial paling akhir "Twilight Saga" itu hanya terpaut 3,3 juta dolar dari perolehan pendahulunya, "New Moon" --yang ditayangkan perdana pada November 2009.

Namun kritikus film memberi nilai negatif dalam kajian mereka. Film tersebut ditandai oleh "saat-saat yang lamban, sedih dan penuh humor yang tak disengaja", kata pengamat film Rotten Tomatoes di jejaringnya. Menurut laporan, hanya 27 persen dari 137 kritikus memberi nilai positif buat film itu.

Sementara itu film "Happy Feet Two", sekuel 3D dari film 2D George Miller, dibuka dengan penghasilan 22 juta dolar AS dan menempati posisi kedua. Penghasilan tersebut mengecewakan, sebab distributor Warner Bros. sebelumnya memproyeksikan film tersebut akan dibuka dengan pemasukan 30 juta dolar AS.

"Immortals", film aksi fantasi Relativity Media yang memasuki pertunjukan akhir pekan kedua, menduduki posisi ketiga, dengan pemasukan 12,3 juta dolar AS. Proyek Tarsen Singh itu diperkirakan bisa mendapat 53 juta dolar selama dua pekan.

Berikut adalah film 10 teratas di Amerika Utara, "Jack And Jill" (12 juta dolar AS), "Puss In Boots" (10,7 juta dolar AS), "Tower Heist" (tujuh juta dolar AS), "J. Edgar" (5,9 juta dolar AS), "Very Harold & Kumar 3-D Christmas" (2,9 juta dolar AS), "In Time" (1,7 juta dolar AS), dan "The Descendants" (1,2 juta dolar AS). (C003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011