Jakarta (ANTARA News) - Pangsa pasar dari perusahaan air minum dalam kemasan PT Aqua Golden Mississippi (AGM) diakui tergerus dan terancam oleh maraknya usaha air minum isi ulang.

"Air minum isi ulang itu paling terasa menggerus pasar terutama untuk segmen bawah," kata Stakeholder Relations & CSR Manager PT Aqua Golden Mississippi, Giwa Giwangkara, di Sukabumi, Senin.

Ia tidak mengkalkulasi seberapa besar potensi tergerusnya pasar segmen terbawah tersebut, namun usaha air minum isi ulang justru diperkirakan menjadi kompetitor berat saat ini.

"Kalau dari sisi pangsa, kami yakin masih di peringkat pertama sampai saat ini," katanya.

Ia juga mewaspadai sejumlah merek yang bersifat maklon (tidak memiliki pabrik tetapi membeli dari produsen yang belum ternama) yang kini mulai marak di pasaran.

Untuk mempertahankan pangsanya agar tetap yang terbesar, perusahaan itu menyatakan akan tetap menjaga kualitas baik dari sisi konten maupun kualitas pelayanan. "Kami memberlakukan kontrol produk yang ketat khususnya dalam hal kemasan," katanya.

Untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produknya, pihaknya berupaya memotong rantai pemasaran dan jalur distribusi dengan memperbanyak pabrik dan depo di berbagai titik di Indonesia.
(ANT)

         

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011