Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Minggu yang masih menarik untuk disimak pagi ini dan mendapat perhatian pembaca, mulai dari Pemerintah tetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin hingga suasana arus mudik di sejumlah daerah.

Berikut rangkuman berita humaniora pada Minggu:

1. Hasil Sidang Isbat tentukan Hari Raya Idul Fitri pada Senin besok

Hasil sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kementerian Agama Jakarta, Ahad, menentukan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin 2 Mei 2022.

"Secara mufakat tadi sidang isbat menetapkan bahwa 1 Syawal 1443 Hijriyah jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022 Masehi," ujar Yaqut dalam konferensi pers diikuti secara daring di Jakarta.

Yaqut memaparkan dalam sidang tersebut menyepakati keputusan tersebut karena dua hal yakni dari paparan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag yang menyampaikan bahwa ketinggian hilal di seluruh Indonesia berada pada posisi 4 derajat 0, 59 menit sampai dengan 5 derajat 33,57 menit.

2. Polres Cianjur buka tempat istirahat pemudik di Puncak dan Haurwangi

Kepolisian Resor Cianjur, Jawa Barat, membuka dua tempat istirahat lengkap untuk pemudik yang hendak melepas lelah sebelum melanjutkan perjalanan ke kampung halamannya, yaitu di Puncak Pass dan di Haurwangi.

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan di Cianjur, Sabtu, mengatakan seiring tingginya volume kendaraan pemudik yang melintas di jalur utama Cianjur, pihaknya sebenarnya menyiagakan 12 pos pam yang dapat dijadikan tempat beristirahat bagi pemudik yang lelah dalam perjalanan.

"Untuk dua rest area yang ada seperti Puncak Pass dan rest area Citarum sebagai titik lelah pemudik, kita siapkan fasilitas lengkap, mulai dari mushalla, toko swalayan, kasur lipat, tempat mengisi ulang batre ponsel hingga terapis pijit," katanya.

3. 3.253 penumpang kapal tiba di Pelabuhan Pangkalbalam

Pos Koordinasi Angkutan Laut Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu, mencatat sebanyak 3.253 orang penumpang kapal dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Tanjung Pandan Belitung tiba di Pelabuhan Pangkalbalam.

"Pada hari terakhir mudik tahun ini penumpang kapal berangkat maupun tiba meningkat," kata Ketua Pos Koordinasi Angkutan Laut Pelabuhan Pangkalbalam Ferdiansyah di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan penumpang kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung turun di Pelabuhan Pangkalbalam pada H-1 sebanyak 3.253 orang atau meningkat dibandingkan H-2 sebanyak 3.155 orang.

4. BNPB dukung posko penguatan prokes di pelabuhan dan bandara

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendukung adanya pos komando (posko) penguatan protokol kesehatan di fasilitas bandar udara (bandara) dan pelabuhan laut atau penyeberangan.

"Upaya tersebut bertujuan untuk penguatan disiplin protokol kesehatan warga yang akan mudik lebaran," kata Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu.

5. Antrean pemudik di Penyeberangan Gilimanuk masih terjadi hingga Minggu

Antrean pemudik dengan ribuan kendaraan, khususnya jenis mobil pribadi dan truk, di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana yang merupakan jalur utama mudik Jawa-Bali, masih terjadi hingga Minggu dini hari.

Pewarta ANTARA di Gilimanuk, Minggu, melaporkan antrean panjang kendaraan mulai terjadi sejak Kamis (28/4) hingga Minggu yang didominasi mobil pribadi.

Untuk mengurai antrean tersebut, petugas melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengarahkan bus dan kendaraan travel dari jalur utama Denpasar-Gilimanuk ke areal parkir dermaga LCM.

Khusus pemudik yang mengendarai mobil pribadi dan sepeda motor diarahkan masuk ke jalan kampung di Gang I, sementara mobil pribadi masuk ke Gang II dan III di Kelurahan Gilimanuk.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022