Pariaman (ANTARA) - Arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), khususnya jalan nasional Padang-Pasaman Barat, pada Lebaran hari kedua, Selasa, ramai lancar.

Berdasarkan pantauan selama pukul 12.30 hingga 15.00 WIB, meskipun kendaraan yang melintasi kawasan didominasi bernomor polisi Sumbar, telah banyak pula kendaraan dengan nomor polisi dari luar provinsi itu, di antaranya B, A, BM, dan F.

Kendaraan itu diduga tidak saja perantau yang pulang kampung tetapi juga menuju objek wisata di Pariaman dan luar kota itu.

Hingga sekarang belum ditemukan kemacetan di jalan nasional yang melintas di Kota Pariaman meskipun intensitas kendaraan lebih ramai daripada hari biasa.

Namun, ditemukan kemacetan di depan stasiun kereta api dekat Pasar Rakyat Pariaman karena selain jalan sempit mobilitas kendaraan juga tinggi.

Petugas menyarankan pengemudi kendaraan dari Padang-Pasaman Barat melalui depan stasiun untuk melewati jalan alternatif lainnya.

Baca juga: Lalu lintas lancar, Jasa Marga setop contra flow Jagorawi arah Ciawi

Kapolres Kota Pariaman AKBP Abdul Azis mengatakan pihaknya telah mendirikan dua pos pelayanan dan dua pos pengamanan guna memantau arus lalu lintas dan membantu pengendara melintasi wilayah hukumnya.

"Kami ingatkan untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," katanya.

Polres Kota Pariaman mengerahkan 143 personel untuk melancarkan kegiatan masyarakat saat libur Lebaran 2022 di wilayah hukumnya yang meliputi Kota Pariaman dan sejumlah kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman.

"Kami dibantu dari personel TNI, Pol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, PMI dan Tagana sehingga jumlahnya dengan personel polisi menjadi sekitar 250 orang," kata Kapolres Abdul Azis.

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan pihaknya mengundang wisatawan untuk datang ke objek wisata di daerah itu selama pelaksanaan Festival Pantai, selama 3-15 Mei 2022.

"Tapi kami meminta untuk tetap patuh protokol kesehatan," tambahnya.

Baca juga: Polisi lakukan rekayasa arus lalu lintas di Kota Batu Jatim
Baca juga: Polda Aceh: 24 kecelakaan lalu lintas terjadi sepanjang libur Lebaran

 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022