Berlin (ANTARA News) - Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble, Selasa mengatakan, KTT Uni Eropa bulan depan akan menenangkan pasar yang gelisah, memprediksi solusi cepat untuk mengatasi kesulitan zona euro.

"Ini akan lebih cepat dari 12 bulan," katanya. "Saya pikir keputusan akan dilakukan pada 9 Desember."

Dia merujuk khususnya untuk amandemen perjanjian Eropa yang dicari oleh Berlin yang akan melembagakan disiplin anggaran, lapor AFP.

Jerman ingin perubahan "terbatas" yang terutama akan membuat kemungkinan untuk menuntur sebuah negara memenangkan utang dan defisit.

"Ada alternatif lain," kata Schaeuble pada sebuah seminar yang diselenggarakan oleh Commerzbank, bank kedua terbesar di Jerman. "Kita harus mengubah struktur. Ini bukan arogansi dari Jerman, itu hanya cara."

Kepala Commerzbank Martin Blessing mengatakan, para pemimpin Eropa dapat memastikan bahwa suku bunga tidak naik lebih lanjut, terutama pada pinjaman Italia.

Tetapi dia mengatakan, akan berbuat lebih banyak untuk mengakhiri apa yang disebut "serangan" oleh investor yang mencurigakan membeli obligasi dari beberapa negara zona euro.

"Investor menunggu tiga atau empat kuartal untuk melihat apakah hal-hal itu menjadi lebih baik, sehingga periode laten menjadi lebih lama," kata Blessing.

Schaeuble mengatakan mitra dari negara-negara yang menolak akan melangkah masuk.

Menteri mengulangi penentangannya terhadap obat yang telah diperdebatkan baru-baru ini, seperti intervensi oleh Bank Sentral Eropa atau penciptaan sebuah obligasi euro (eurobond). (A026/A027)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011