Keadaan lalu lintas di sekitar Pelabuhan Merak pun masih terkendali pada H+1 Lebaran 2022.
Cilegon (ANTARA) - Penumpang yang berasal dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, mulai berdatangan di Dermaga 1 dan 3 Pelabuhan Merak, Banten pada H+1 Lebaran 2022.

"Arus balik sudah mulai kelihatan pada pukul 13.00 WIB," kata Staf Pelayanan Penumpang dan Kendaraan Pelabuhan Merak Jahuri di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Rabu.

Secara umum, kata dia, situasi di Pelabuhan Merak sudah mulai sepi dari masyarakat yang ingin berangkat menuju Pelabuhan Bakauheni.

Saat ini, pihak Pelabuhan Merak menanti kedatangan masyarakat dari arus balik, tepatnya dari Pelabuhan Bakauheni.

Jahuri mengatakan bahwa situasi kedatangan pada pagi hari termasuk landai. Baru mulai terlihat menanjak pada siang hari.

Terkait dengan kedatangan yang mulai terlihat didominasi oleh para pejalan kaki.

"Kalau (yang memakai) kendaraan masih sepi, yang arus balik menggunakan kendaraan masih sepi. Dominan pejalan kaki," ucapnya.

Salah seorang pemudik atas nama Sesno memilih untuk pulang lebih awal sebelum puncak arus balik, 6—8 Mei, untuk menghindari kemacetan dari arah Merak menuju Tangerang.

"Biar enggak kena macet, saya juga mesti kerja," tutur Sesno.

Antisipasi tersebut selaras dengan imbauan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang mengarahkan masyarakat untuk kembali lebih awal guna menghindari kepadatan arus lalu lintas.

Berdasarkan pantauan ANTARA, mayoritas warung makanan dan kios para pedagang di sekitar Pelabuhan Merak tidak beroperasi. Hanya sejumlah pedagang kerupuk yang terlihat menjajakan jualannya untuk menjadi buah tangan dan camilan dari para pemudik yang telah sampai di Pelabuhan Merak.

Keadaan lalu lintas di sekitar Pelabuhan Merak pun masih terkendali pada H+1 Lebaran 2022.

Baca juga: 42.165 penumpang lintasi Pelabuhan Bakauheni

Baca juga: DKI tiadakan operasi yustisi saat arus balik Lebaran


Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022