Pamekasan (ANTARA) - Jalur lalu lintas di empat kabupaten di Pulau Madura, yakni Kabupaten Pamekasan, Sampang, Bangkalan, dan Sumenep, Jawa Timur, yang menuju arah Surabaya, Rabu, terpantau padat.

Kepadatan arus lalu lintas ini mulai terpantau di Jalan Raya Ambat, Kecamatan Tlanakan, kemudian di Jalan Raya Camplong, Sampang, serta di sejumlah pasar seperti di Pasar Blega, Tanah Merah, dan Patemon, Bangkalan.

"Kendaraan memadati arus lalu lintas sejak pagi, siang hingga sore," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pamekasan Moh Munir.

Baca juga: Tiga kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur mudik Madura

Kendaraan yang banyak melintas di jalur penghubung antarkabupaten di Pamekasan itu dari arah Sumenep hendak menuju Surabaya, sedangkan dari arah sebaliknya terpantau sepi.

Munir menjelaskan, dibanding hari H Lebaran, yakni pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 peningkatan terjadi sekitar 10 persen, dengan kepadatan antara 30 hingga 40 unit kendaraan per menit, dan umumnya merupakan kendaraan roda empat.

Selain di jalur lalu lintas di Kabupaten Pamekasan, kepadatan arus lalu lintas juga terpantau di jalur penghubung di Pulau Madura, yakni di Kabupaten Sampang dan Kabupaten Bangkalan.

Baca juga: Kendaraan roda empat memadati jalur mudik di Pulau Madura

Di Sampang, kepadatan arus lalu lintas terpantau di sekitar Pasar Srimangunan Kota Sampang, sedangkan di Kabupaten Bangkalan terjadi di beberapa titik, seperti di Jalan Raya Blega, Jalan Raya Tanah Merah, dan di Jalan Raya Patemon.

"Tapi khusus di tiga titik ini, kepadatan sudah terurai, karena kami telah menyiagakan tim pengurai, yakni petugas dari Satuan Lalu Lintas dibantu petugas Dishub Pemkab Bangkalan," kata Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alarino, Rabu malam.

Baca juga: Jasamarga mulai optimalkan seluruh gardu tol masuk Surabaya

Pada pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022, Polres Bangkalan menerjunkan sebanyak 345 personel gabungan dari unsur polisi, TNI, Satpol-PP, Dinas Perhubungan Pemkab Bangkalan, serta personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Bangkalan.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022