Beijing (ANTARA) - Aktivitas sektor jasa China berkontraksi pada tingkat terdalam kedua dalam catatan pada April, karena pembatasan COVID menghentikan industri, yang mengarah pada pengurangan lebih tajam dalam bisnis dan pekerjaan baru, survei sektor swasta menunjukkan pada Kamis.

Indeks manajer pembelian (PMI) jasa Caixin berada di 36,2 pada April, terendah kedua sejak survei dimulai pada November 2005 dan turun dari 42 pada pada Maret. Indeks mencapai rekor terendah 26,5 pada Februari 2020 selama awal pandemi.

Tanda 50 poin memisahkan pertumbuhan dari kontraksi setiap bulan.

Temuan pesimis dari survei tersebut, yang lebih berfokus pada perusahaan kecil di wilayah pesisir, sejalan dengan PMI resmi pemerintah, yang menunjukkan penurunan cepat di sektor utama yang menyumbang sekitar 60 persen dari ekonomi dan setengah dari pekerjaan perkotaan.

Sub-indeks untuk bisnis baru berdiri di 38,4, juga rekor terendah kedua dan turun dari 45,9 bulan sebelumnya, dengan perusahaan-perusahaan jasa melaporkan eskalasi langkah-langkah untuk menahan penyebaran kasus COVID sangat membebani permintaan pelanggan di awal kuartal kedua.

Ketenagakerjaan juga menurun untuk bulan keempat berturut-turut pada April, meskipun penurunan itu marjinal, dibandingkan dengan penurunan aktivitas yang cukup besar.

Sementara biaya input naik dengan kecepatan yang solid tetapi upaya oleh perusahaan-perusahaan jasa untuk menarik lebih banyak bisnis di tengah permintaan yang lesu mendorong penurunan harga, menyoroti meningkatnya tekanan biaya yang dihadapi penyedia jasa-jasa.

Permintaan berada di bawah tekanan, permintaan eksternal memburuk, pasokan menyusut, rantai pasokan terganggu, waktu pengiriman diperpanjang, tumpukan pekerjaan bertambah, pekerja sulit untuk kembali ke pekerjaan mereka, tekanan inflasi tetap ada, dan kepercayaan pasar tetap di bawah rata-rata jangka panjang," kata Wang Zhe, ekonom senior di Caixin Insight Group.

"Pemerintah harus meningkatkan dukungan untuk perusahaan-perusahaan di industri yang sangat terpengaruh oleh wabah, untuk menstabilkan ekspektasi pasar. Selama putaran wabah baru-baru ini, banyak karyawan perusahaan, pekerja pertunjukan, dan kelompok berpenghasilan rendah telah melihat pendapatan mereka menyusut dan kehidupan mereka tumbuh lebih sulit, jadi pemerintah harus menawarkan mereka subsidi."

PMI komposit April Caixin, yang mencakup aktivitas manufaktur dan jasa, merosot ke 37,2 dari 43,9 dari bulan sebelumnya.

PMI Caixin disusun oleh S&P Global dari tanggapan terhadap kuesioner yang dikirim ke manajer pembelian di China.

Baca juga: Aktivitas pabrik Asia melambat karena krisis Ukraina, tekanan inflasi
Baca juga: Pabrik Tesla di Shanghai mulai kembali aktivitas produksi

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022