Yang terlihat itu baru di kisaran pengemudi roda dua
Jakarta (ANTARA) - Pergerakan arus balik penumpang roda dua di Jalan Raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, menuju ke arah barat atau DKI Jakarta mulai terlihat namun belum signifikan pada H+2 Lebaran atau Kamis.

"Yang terlihat itu baru di kisaran pengemudi roda dua, itu pun tidak begitu terlihat karena (tercampur) aktivitas masyarakat di sini yang dekat pasar. Mereka masih sedikit, belum terlihat," kata Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Sumber Artha Ipda H.B. Suhanda saat dijumpai ANTARA di lokasi, Kamis.

Suhanda memperkirakan sekitar 5.000 kendaraan melintas di Jalan Raya Kalimalang, baik roda dua maupun roda empat, sejak pagi hingga malam dengan catatan jumlah tersebut tercampur antara pemudik dan masyarakat sekitar yang masih melakukan silaturahmi Lebaran.

Ia menambahkan bahwa kepadatan lalu lintas arus balik jalur Bekasi-Kalimalang, terutama roda dua, biasanya terjadi pada malam hingga menjelang pagi.

"(Biasanya) menjelang Isya sampai malam, ada kenaikan tingkat pengendara yang datang dari pantura untuk kendaraan roda dua. Bahkan melewati sampai subuh. Mereka menuju rumahnya masing-masing, perjalanan dari luar kota untuk kendaraan roda lewat sini (Kalimalang)," kata Suhanda.

Pada Kamis pagi hingga siang, kondisi lalu lintas di sepanjang Jalan Raya Kalimalang tampak ramai lancar.

Menurut Suhanda, arus lalu lintas masih berjalan dengan lancar atau normal setelah Idul Fitri hingga Kamis.

Ia memprediksi mulai Jumat (6/5) hingga Minggu (8/5) terjadi peningkatan kendaraan, terutama di ruas Tol Becakayu.

Untuk antisipasi tingkat kepadatan kendaraan, Suhanda mengatakan pihaknya akan menerapkan diskresi kepolisian untuk rekayasa lalu lintas yang situasional.

"Mungkin (jika ada) kepadatan, jalur-jalur yang datang dari Jatibening menuju ke arah Kalimalang kami alihkan untuk ke arah Jakarta dulu sehingga tidak menghambat para pengendara roda dua maupun roda empat yang datang dari Jakarta menuju ke arah pantura atau sebaliknya," katanya.

Baca juga: Lonjakan arus balik di Kalimalang-Bekasi diperkirakan pada Jumat

Baca juga: H+1 Lebaran, jalur Kalimalang-Bekasi didominasi pemudik lokal

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022