Medan (ANTARA) - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengecek sejumlah jalur macet saat arus balik Lebaran 2022 di provinsi ini, seperti di Kabupaten Langkat, Kota Tebing Tinggi, dan Kabupaten Simalungun.

"Pengendara yang mengarah Pintu Tol Tebing Tinggi agar diarahkan keluar dari Pintu Tol Sei Rampah agar tidak terjadi penumpukan di Pintu Tol Tebing Tinggi dan  antrean paling panjang hanya sejauh 500 meter," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis.

Ia mengatakan hal itu ketika menganalisa dan mengevaluasi situasi kamtibmas pengamanan mudik di Posko Operasi Ketupat Toba Polda Sumut.

Baca juga: Kapolda Sumut turun langsung mengatur arus mudik di jalinsum Asahan

Kapolda meminta agar disiapkan sistem buka tutup untuk mengurangi antrean panjang yang mengarah dari Provinsi Aceh. "Siapkan tim pengurai patroli untuk memastikan pengendara agar tertib," paparnya.

Untuk mengurangi kemacetan di Kabupaten Simalungun yang penyebab kepadatan arus lalu lintas di Rumah Makan Top dan SPBU, Kapolda meminta personel agar berkoordinasi dengan pemilik rumah makan untuk mengatur parkir dan pembatas tengah guna mengatasi keluar masuk kendaraan dari rumah makan itu sehingga tidak menimbulkan kemacetan.

Baca juga: Arus kendaraan di Gerbang Tol Amplas Medan mulai landai pada H-1
Baca juga: Kakor Sabhara: Harus ada koordinasi antarinstansi terkait arus mudik


"Secara umum pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2022 berjalan dengan baik, namun masih ada beberapa lokasi kecelakaan lalu lintas," katanya.

Guna meminimalisir terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, ia meminta untuk menurunkan Tim Patroli Bermotor di lokasi rawan kecelakaan. Kapolda meminta masyarakat untuk tertib dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Hadir dalam kegiatan tersebut Waka Polda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, para pejabat utama di Polda Sumut, kapolres, kapolresta, kapolrestabes, dan jajaran Polda Sumut melalui sarana zoom.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022