Jakarta (ANTARA News) - Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam Palawa Universitas Padjadjaran dan Yayasan PALAWA Indonesia dengan didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga, akan melakukan ekspedisi penelusuran Gua Khoun Xe di Provinsi Khammoune, Laos dari 29 November hingga 11 Desember 2011.

Ekspedisi tersebut bertajuk "Indonesia Gigantic River Cave Expedition", kata Manajer Indonesia Gigantic River Cave Expedition, Bayu Bharuna melalui siaran persnya di Jakarta, Sabtu.

Dia mengatakan, kegiatan ekspedisi tersebut berupa eksplorasi Gua Khoun Xe. "Kegiatan kedua pendokumentasian kondisi endokarst dan ekokarst di kawasan karst Provinsi Khammouane, Laos," katanya.

Ia menjelaskan, untuk penelusuran gua tersebut mutlak dibutuhkan kemampuan teknis pengarungan sungai karena lorong-lorong gua yang tingginya mencapai 100 meter terendam air yang ke dalamannya antara empat sampai 12 meter.

Dikatakan dia, kawasan karst Khoun Xe memiliki terusan sungai bawah tanah dari Sungai Xe Bang Fai yang merupakan anak dari Sungai Mekong yang melewati perbatasan Laos dan Vietnam.

"Eksplorasi Gua Khoun Xe membutuhkan teknik penelusuran gua horizontal yang tidak lazim dilakukan di Indonesia," katanya.

Di bagian lain, ia menyebutkan kegiatan ekspedisi tersebut bertujuan sebagai salah satu upaya menyadarkan pentingnya konservasi gua dan kawasan karst.

"Tujuan ekspedisi ini untuk memperlihatkan pentingnya kawasan karst sebagai kawasan konservasi hidup di lingkup nasional maupun internasional," katanya.

Kegiatan ekspedisi tersebut, PMPA PALAWA Unpad dan Yayasan PALAWA Indonesia menurunkan 14 orang anggota tim.
(ANT)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011