total ada enam perjalanan Argo Cirebon
Cirebon (ANTARA) - Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Suprapto mengatakan rata-rata jumlah penumpang yang naik di wilayahnya telah mencapai angka di atas 7.500 orang per hari pada masa arus balik sejak tanggal Rabu (4/5) hingga Sabtu (7/5).
 
Kepada ANTARA di Stasiun Cirebon, Sabtu (7/5), Suprapto mengatakan sejauh ini puncak keberangkatan dari stasiun ini terjadi pada Kamis (5/5) dengan jumlah penumpang mencapai angka 9.304 orang.
 
Dirinya menjelaskan setelah hari raya lebaran, terus terjadi peningkatan penumpang yang naik di wilayah Daop 3 Cirebon dan hingga hari Minggu (8/5) nanti, diprediksi rata-rata penumpang akan mencapai angka 8.500 per hari.
 
"Perlu kami sampaikan untuk lonjakan peningkatan jumlah penumpang yang naik di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon itu sudah terjadi pada H+1 setelah lebaran," terang Suprapto.

Baca juga: Puncak arus mudik penumpang kereta api Cirebon diprediksi besok
 
Ia memperkirakan, kondisi ini akan terus berlangsung hingga H+5, sebagai perbandingan kalau jumlah penumpang yang naik sebelum lebaran rata-rata per harinya itu antara 2.000 hingga 3.000 penumpang.
 
"Semenjak H+1 setelah lebaran, rata-rata jumlah penumpang yang naik di wilayah Daop 3 Cirebon ini sudah di atas 8.000 penumpang," pungkasnya.
 
Suprapto lanjut menjelaskan, untuk mengantisipasi banyaknya penumpang yang yang melakukan arus balik menggunakan kereta api di Stasiun Cirebon, pihaknya mengalokasikan beberapa armada tambahan.
 
"Dalam arus balik, kita sudah menambah sejumlah perjalanan ke arah Jakarta dan arah Bandung, khusus ke arah Jakarta kita operasikan Argo Cirebon," jelas Suprapto.
 
"Kalau hari-hari biasa, ada dua hingga tiga perjalanan KA Argo Cirebon, khusus untuk arus balik ini, total ada enam perjalanan Argo Cirebon relasi dari Stasiun Cirebon ke Stasiun Gambir," sambungnya.
 
Selain itu, Suprapto mengimbau agar penumpang kereta api yang akan melakukan arus balik untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan ketat dan menaati aturan yang berlaku.

Baca juga: Terjadi peningkatan kedatangan penumpang di area Daop 1 Jakarta

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022