Washington,  (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama akan melakukan perjalanan ke Kanada untuk pembicaraan dengan PM Stephen Harper pada 19 Februari, kata Gedung Putih, Rabu.

"Presiden bermaksud melakukan perjalanan pertamanya ke luar negeri ke Kanada," kata jurubicara Gedung Putih Robert Gibb seperti dilaporkan Reuters. "Ia akan melakukan kunjungan pada 19 Februari."

"Kanada adalah sekutu yang amat penting," ia menambahkan. "Presiden akan berbicara dengan Perdana Menteri Harper dan mengunjungi tetangga kami di utara."

Harper mengatakan kunjungan Obama merupakan "testamen tidak hanya pada ukuran hubungan perdagangan kami dan kedekatan aliansi kami, tapi juga pada kekuatan persahabatan kami".

"Mereka telah mengadakan pembicaraan awal mengenai agenda kunjungan itu, yang akan mencakup situasi ekonomi secara global di negara kami dan secara khusus di sektor otomotif," pernyataan dari kantor Harper mengatakan.

Mereka juga membicarakan pentingnya lingkungan dan energi dan juga masalah internasional termasuk Afghanistan.

Kanada adalah mitra dagang utama Amerika dan penyumbang besar tentara ke Afghanistan.

Dalam rencana perjalanan lain, Obama diperkirakan akan menghadiri pertemuan puncak ekonomi di London pada bulan April, dan telah berjanji untuk memberikan pidato di ibukota sebuah negara Muslim besar pada tanggal yang belum ditentukan.(*)


Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009