Untuk Provinsi Riau terdapat 2.290 orang
Kota Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau H Mahyudin menyatakan sebanyak 2.290 orang calon haji (calhaj) Riau akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi

"Alhamdulillah, pemerintah sudah mengumumkan daftar calhaj yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Arab Saudi, yakni mereka yang berusia 65 Tahun 0 bulan pada tanggal 30 Juni 2022 serta telah menerima vaksin COVID-19. Untuk Provinsi Riau terdapat 2.290 orang," katanya di Pekanbaru, Senin.

Dia mengatakan itu terkait pengumuman Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag yang telah merilis nama calhaj yang berhak berangkat Tahun 1443 /2022 M, pada Ahad (8/5).

Daftar tersebut, katanya, telah melalui proses verifikasi yang dilakukan untuk memastikan calhaj yang berangkat memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi.

Ia mengatakan selain 2.290 orang calhaj yang diberangkatkan itu terdapat 461 orang sebagai cadangan beserta 12 orang Petugas Haji Daerah (PHD) dan 2 orang KBIHU calhaj.

"Karenanya calhaj yang namanya terdapat dalam daftar rilis tersebut agar mempersiapkan diri, dengan melakukan konfirmasi keberangkatan pada bank tempat melakukan setoran BPIH pada waktu pendaftaran," katanya.

Untuk itu, bagi jamaah yang namanya sudah keluar dalam daftar rilis agar segera menghubungi Kemenag kabupaten/Kota dan melapor kepada bank tempat melakukan pendaftaran haji mulai 9-20 Mei 2022.

Selain itu,, juga diingatkan calhaj agar menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Ia juga berpesan kepada seluruh calhaj Riau agar tidak mudah menerima informasi dan terpengaruh dengan informasi palsu yang beredar, yang menyebutkan dua tahun penyelenggaraan haji batal berangkat karena dananya digunakan untuk pembangunan IKN Nusantara.

"Dana haji aman, 'prudent', dan diinvestasikan sesuai prinsip syariah, kehati-hatian, nilai manfaat, akuntabel, dan nirlaba. Laporan keuangan tahunan BPKH juga bisa dilihat dari web BPKH.go.id," demikiann Mahyudin. 

Baca juga: Kuota Haji Riau tahun 2022 sebanyak 2.304 orang

Baca juga: Kemenag rilis calon jamaah haji 2022 yang berhak berangkat

Baca juga: Pemprov Riau berupaya persiapkan pelaksanaan ibadah haji dan umrah

Baca juga: Indonesia berlakukan batas usia calon jamaah haji


 

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022