Sangata (ANTARA News) - Salah satu perusahaan alat berat nasional PT United Tractors Tbk ikut melaksanakan program pemerintah menanam pohon mangrove di Jalan Soekarno-Hatta dan Pelabuhan Tanjungbara, Sangata, Kutai Timur.

Pada Hari Menanam Pohon Indonesia, Senin, PT United Tractor Tbk Sangata, yang merupakan salah satu perusahaan alat berat kontraktor PT Kaltim Prima Coal di Kutai Timur, ikut menanam pohon mangrove dengan melibatkan ratusan karyawannya, di Jalan Soekarno-Hatta dan Pelabuhan Tanjungbara, Sangata.

Menurut Site Manager PT United Tractors, Sangata, Suratman, melalui Hari Menanam Pohon Indonesia, pihaknya melakukan penanaman pohon mangrove di kawasan Pelabuhan Tanjungbara, Sangata, dengan luas 2 hektare.

"Kami sudah melapor dan izin dengan pihak PT Kaltim Prima Coal dan Dinas kehutanan dan Dinas Lingkungan Hidup Kutai Timur, dua hekatre kawasan pantai akan ditanami pohon mangrove oleh PT United Tractors," katanya.

Dengan luas areal dua hektare itu, akan menjadi tanggung jawab kami untuk menanam pohon mangrove sebanyak 4.000 pohon, atau rata-rata 2.000 pohon dalam setiap hektare.

Dikatakan Manager Site Suratman, didampingi Syaiful manager site PT UT Bengalon dan Pomo dari Departemen CSR PT United Tractor, bukan kali pertama pihaknya menanam pohon, tetapi sudah dilaksanakan sejak 2010.

Sejak 2010 PT United Tractor, Astra Heavy Equipment, Mining and Energy (AHEME) Group, sudah menanam pohon diberbagai jenis di kawasan beberapa tempat di Kutai Timur.

Program menanam pohon produktif dan pohon mangrove, menurut Suratman,dilakukan secara nasional oleh PT United Tractor, Astra Heavy Equipment, Mining and Energy (AHEME) Group.

Bahkan setiap penjualan alat berat disisihkan sekian persen untuk kegiatan pelestarian lingkungan termasuk menanam pohon mangrove," katanya.

"Hal itu dilakukan sebagai wujud konsistensi dan komitmen manajemen PT Astra Group, untuk menyelamatkan bumi melalui pengurangan kadar emisi. Bukti dan wujud PT United Tractors bahwa juga ikut terlibat dan bertanggung jawab untuk mengembalikan alam," kata Suratman.

Kegiatan menanam pohon akan menjadi program tahunan PT United Tractors, di seluruh Indonesia, termasuk di Kutai Timur dengan beberapa lokasi proyeknya.

Dikatakan, kalau pada tahun 2010, mewajibkan karyawannya menanam satu pohon, maka untuk 2011 ini ditingkatkan dengan keluarganya minimal menanam 3 pohon dalam satu keluarga.

Pada 17 Desember 2011 perusahaan itu juga berencana menanam pohon tahap kedua yang akan melibatkan 1.500 anggota Klub United Tractors di Aquatic Tanjungbara, yang melibatkan karyawan seluruh departemen.

(KR-ADI/A041)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011